Ilustrasi cara menurunkan berat badan. Foto: Dok/Alodokter

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ada berbagai cara untuk menurunkan berat badan. Namun pada dasarnya, naik atau turunnya berat badan seseorang tergantung pada jumlah kalori yang dikonsumsi, dan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh saat beraktivitas.

Dikutip dari Alodokter, asupan kalori berlebihan yang tidak disertai dengan aktivitas fisik atau olahraga secara rutin bisa membuat berat badan naik. Hal ini dikarenakan kalori yang tidak terpakai akan disimpan dalam tubuh sebagai lemak.

Oleh karena itu, untuk menurunkan berat badan, kamu perlu mengkonsumsi lebih sedikit kalori dan memperbanyak aktivitas fisik agar tubuh mampu memecah lemak dan menjadikannya energi.

Lantas,  bagaimana cara menurunkan berat badan dengan cepat? Kunci penurunan berat badan adalah perencanaan yang baik dan disiplin diri yang kuat. Ada beberapa cara menurunkan berat badan yang dapat kamu lakukan untuk memperoleh berat badan ideal.

1. Menentukan target berat badan
Langkah pertama yang perlu kamu lakukan saat ingin menurunkan berat badan adalah menentukan target penurunan berat badan yang ingin dicapai.

Buatlah target penurunan berat badan secara bertahap sebanyak 0,5–1 kg per minggu atau 2–4 kg per bulan. Bukan hanya lebih sehat, menetapkan target dengan cara ini juga bisa membuat berat badan ideal yang nantinya dicapai bisa bertahan lama.

Cara ini juga dapat menghindari berbagai gangguan kesehatan akibat target diet yang terlalu ekstrem, seperti malnutrisi, diare, atau konstipasi.

2. Menerapkan pola makan teratur
Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah dengan menerapkan pola makan teratur. Caranya dengan membiasakan makan teratur sebanyak 3 kali sehari, yaitu pada pagi, siang, dan malam hari. Di sela-selanya, kamu bisa mengkonsumsi camilan sehat agar tidak makan berlebihan saat jam makan.

3. Memperbanyak asupan buah dan sayuran
Buah dan sayuran merupakan makanan yang kaya vitamin, mineral, dan serat, serta mengandung lebih sedikit kalori daripada jenis makanan lainnya. Menambahkan keduanya ke dalam menu makanan kamu sehari-hari dapat menurunkan berat badan sekaligus membuat tubuh lebih sehat.

4. Mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat kompleks
Cara menurunkan berat badan selanjutnya adalah mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat kompleks. Namun, batasi konsumsi karbohidrat sederhana dari makanan yang banyak mengandung gula dan tepung, seperti kue kering, roti, dan mi.

Konsumsilah makanan sumber karbohidrat kompleks yang kaya akan serat dan bisa membuat kamu kenyang lebih lama, seperti nasi merah, roti gandum, dan pisang.