Ilustrasi cara menurunkan berat badan. Foto: Dok/Alodokter

5. Mengkonsumsi makanan tinggi protein
Makanan sumber protein baik dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Ini karena protein bisa memberikan efek kenyang lebih lama, sehingga kamu tidak makan secara berlebihan. Beberapa jenis makanan yang kaya protein adalah telur, ikan, kacang, daging tanpa lemak, dan produk olahan susu rendah lemak.

6. Memperbanyak minum air putih
Minum air putih sebelum makan bisa menahan nafsu makan berlebih dan membuat kamu cepat kenyang, sehingga asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh bisa berkurang. Selain itu, kamu juga dianjurkan untuk minum segelas air putih lebih dulu saat lapar, karena tanda dehidrasi terkadang menyerupai lapar.

7. Menghindari minuman manis
Minuman manis mengandung kalori yang tinggi sehingga lebih mudah menaikkan berat badan. Apabila kamu sedang ingin minuman manis, gantilah asupan gula dengan gula stevia atau konsumsi jus buah tanpa gula.

8. Tidur yang cukup
Rasa lelah dan tidak bertenaga akibat kurang tidur sering kali menjadi penyebab seseorang enggan beraktivitas dan berolahraga. Bukan hanya itu, kurang istirahat juga memicu peningkatan produksi ghrelin, yaitu hormon yang menimbulkan rasa lapar.

Oleh karena itu, cukupi waktu tidur, setidaknya 7–9 jam setiap hari agar berat badan tidak naik lagi.

9. Berolahraga secara rutin
Berbagai jenis olahraga, seperti bersepeda, berenang, joging, dan latihan angkat beban, sangat direkomendasikan untuk kamu yang sedang menurunkan berat badan. Olahraga akan meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang dibakar pun lebih banyak.

Pilihlah jenis olahraga yang kamu sukai dan lakukan secara rutin. Namun, jika kamu memiliki kondisi medis tertentu, sebaiknya konsultasikan ke dokter lebih dulu guna mengetahui jenis olahraga yang cocok dan batasan olahraga yang aman untuk kondisi kamu.

10. Mengelola stres
Saat stres, seseorang cenderung lebih banyak makan karena tubuhnya memproduksi hormon kortisol yang dapat meningkatkan nafsu makan. Biasanya, makanan yang dikonsumsi saat stres adalah makanan yang tidak sehat.

Agar berat badan tidak naik, kelola stres dengan melakukan kegiatan yang kamu sukai, mendengarkan musik, atau melakukan teknik relaksasi seperti meditasi atau yoga.

Apabila cara menurunkan berat badan di atas belum juga membuahkan hasil, kamu dapat mencoba berbagai metode diet lain, misalnya diet mayo, diet DEBM, diet air putih, diet Ornish, atau diet Atkins. Namun, pastikan Anda berkonsultasi ke dokter lebih dulu untuk menentukan diet yang tepat dan sesuai dengan kondisi kamu.

Untuk mencapai target berat badan ideal, dibutuhkan cara menurunkan berat badan yang benar dan disiplin dalam menjalaninya.

Ning S