blank
Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) mewarnai jalannya Car Free Day (CFD) di Alun-alun Hanggawana, Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Foto: Dok/GBB

TEGAL (SUARABARU.ID) – Sukarelawan Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) mewarnai Car Free Day (CFD) di Alun-alun Hanggawana, Slawi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah dengan melakukan serangkaian kegiatan menarik, Minggu (4/6/2023).

Agenda bertajuk “Minggu Gembira Ganjaran” itu bertujuan untuk mengonsolidasikan dukungan Ganjar Pranowo sebagai Presiden 2024.

Ratusan buruh dari Federasi Serikat Buruh Garment Kerajinan Tekstil Kulit dan Sentra Industri Serikat Buruh Seluruh Indonesia (FSB Garteks KSBSI), Serikat Pekerja Nasional (SPN), dan Serikat Pekerja Mandiri (SPM) ambil bagian dalam aksi tersebut.

Ketua Umum GBB, Lukman Hakim mengatakan, melalui ruang-ruang publik, GBB ingin memperluas suara dukungan untuk Ganjar Pranowo pada Pilpres 2024. Dalam kegiatan tersebut, GBB membuka warung ganjaran yang berisi puluhan UMKM, video booth 360, dan Signature Wall (dinding tandatangan).

Tak hanya itu, di penghujung acara, GBB bersama ratusan buruh dan masyarakat umum juga melakukan tarian massal “Ngancak Balo” diiringi musik kesenian daerah Tegal, “Balo-Balo”.

“Kami menyediakan Signature Wall bagi kaum buruh maupun masyarakat umum untuk membubuhkan tanda-tangan sebagai bentuk dukungan pada Ganjar Pranowo,” kata Lukman.

Lukman berharap, kegiatan yang melibatkan tiga Serikat Buruh/Serikat Pekerja (SB/SP) ini mampu menjangkau puluhan ribu buruh yang ada di perusahaan-perusahaan di Tegal.

Pada momen yang sama, Sekretaris Jenderal GBB, Kelik Ismunanto mengatakan, setelah kegiatan ini, pihaknya akan menindaklanjuti dukungan dengan konsolidasi ke setiap perusahaan. Tujuannya, membentuk struktur pemenangan Ganjar Pranowo berbasis perusahaan, serta menjaring suara kaum buruh.

“Sebagai relawan sektoral buruh, fokus GBB untuk memenangkan Ganjar Pranowo adalah pembentukan struktur berbasis perusahaan,” ungkap Kelik.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina GBB, Ferry Indrianto menambahkan, kegiatan Minggu Gembira Ganjaran ini merupakan wadah bagi para buruh untuk tampil, berani berekspresi di ruang publik dan memilih pemimpin yang peduli terhadap nasib kaum buruh.

“Saatnya kaum buruh mulai keluar dari pabrik dan merebut ruang publik untuk memenangkan pak Ganjar Pranowo,” kata Ferry.

Sementara Sekretaris DPC Tegal Raya, M Rikhni Yusron menyatakan kesiapan kaum buruh di Tegal Raya untuk memenangkan Ganjar Pranowo. “Tegal punya banyak basis industri, dan itu akan menjadi target konsolidasi kami untuk memenangkan Ganjar Pranowo,” terang Yusron.

Arifah Tri Adinda (21) salah satu warga yang ikut dalam Minggu Gembira Ganjaran ini mengaku senang dengan bentuk kegiatan GBB yang kreatif dan melibatkan orang banyak. “Kegiatan politik yang kreatif seperti ini yang seharusnya diperbanyak, karena menarik minat publik seperti saya,” ucap Arifah.

Ning S