blank
Ilustrasi tren Ramadhan 2022 yang dapat membantu maksimalkan potensi penjualan di tahun 2023. Foto: Dok/satoeasa.com

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Hanya dengan hitungan jari, kita akan memasuki Ramadhan, bulan yang selalu menjadi momen yang dinantikan masyarakat Indonesia, termasuk para pelaku bisnis.

Riset Tokopedia tentang tren Ramadhan 2022 menunjukkan masyarakat mulai mencari dan berbelanja kebutuhan Ramadhan sejak sebulan sebelumnya. Pencarian dan pembelian tertinggi terjadi pada Minggu pertama hingga ketiga Ramadhan, atau saat pembagian Tunjangan Hari Raya (THR).

Dilansir dari Suara.com, berdasarkan data internal Tokopedia selama Ramadhan 2022, masyarakat tetap memilih e-commerce untuk berbelanja kebutuhan Ramadhan. Hal ini terbukti dari adanya peningkatan jumlah product page view di Tokopedia sebesar lebih dari 50% dan peningkatan jumlah pesanan lebih dari 77%.

Menurut Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi, beberapa kategori produk dengan jumlah transaksi tertinggi, antara lain adalah fesyen, makanan dan minuman, kesehatan, otomotif dan aksesoris, serta rumah tangga.

Sedangkan subkategori yang juga mengalami lonjakan permintaan meliputi hampers dan dekorasi, bumbu dan peralatan masak, gaming, perlengkapan travel, dan kecantikan.

Bagi para pelaku bisnis dari berbagai skala, strategi pemasaran menjelang Ramadhan 2023 bisa dipersiapkan, salah satunya dengan melihat tren konsumen di Ramadhan 2022.

Para pelaku bisnis ini bisa memanfaatkan berbagai kanal promosi yang ditawarkan Tokopedia Marketing Solutions, solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan.

Misalnya, dengan menggunakan banner di lokasi premium, banner di lokasi strategis lainnya, permainan interaktif berhadiah, ataupun kanal video streaming.

“Sepanjang Ramadhan 2022, Tokopedia melihat masyarakat menyukai promosi yang dikemas dalam bentuk hiburan. Buktinya, ada kenaikan jumlah pesanan sebesar 44,4% ketika Tap Tap Kotak tayang, dan ada juga peningkatan jumlah pesanan lewat Tokopedia Play sebesar 60,5%,” jelas Edwin.

Hal ini telah dibuktikan sendiri oleh Kintakun, brand lokal yang bergerak di bidang perlengkapan tidur seperti sprei dan bedcover serta produk home living. Pada Ramadhan 2022 lalu, brand yang meluncurkan paket eksklusif Kintakun x Ji Changwook di Tokopedia ini, mencatat peningkatan pesanan sebesar 52% dan peningkatan pendapatan sebesar 95% dengan menggunakan Tokopedia Marketing Solutions.

Sementara Garudafood, salah satu perusahaan makanan dan minuman terbesar di Indonesia, berhasil mencatat peningkatan jumlah pesanan sebesar 143% dan peningkatan pendapatan sebesar 179% selama Ramadhan 2022 dengan memanfaatkan Tokopedia Marketing Solutions.

Ning Suparningsih