blank
Ilustrasi kandungan nutrisi di dalam buah pisang. Foto: Dok/menusehat herbal

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Pisang merupakan salah satu buah yang kaya akan mineral, kalium dan serat pektin. Buah berwarna kuning ini juga merupakan sumber magnesium, vitamin B6, dan vitamin C.

Melansir dari Sybex.pertanian.co.id (google.com), berdasarkan data dari US Department of Agriculture (USDA), dalam 1 buah pisang berukuran sedang dengan panjang 18 – 20 cm (± 118 gram) mengandung:

88,4 gram (g) air 31,9 mg magnesium
105 kalori 26 mg fosfor
1,29 g protein 422 mg kalium
27 g karbohidrat 10,3 mg vitamin C
3,07 g serat 1,18 mikrogram (mcg) selenium
14,4 g gula total 23,6 mcg folat atau vitamin B9
6,35 g pati 30,7 mcg beta karoten
5,9 miligram (mg) kalsium

Termasuk buah yang rendah lemak (0,389 g) dan memiliki indeks glikemik rendah, pisang juga diperkaya oleh zat besi Zinc, tembaga, Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6 Kolin, Mangan dan
Omega 3 dan 6.

Sementara itu, dua antioksidan utama yang terdapat dalam pisang adalah

Dopamin                                                                      Meskipun merupakan senyawa kimia penghantar sinyal saraf di otak (neurotransmitter), dopamin pada pisang bertindak sebagai antioksidan.

Catechin                                                                      Merupakan antioksidan kelompok flavonoid. Jenis antioksidan ini dihubungkan dengan berbagai manfaat kesehatan, seperti menurunkan risiko penyakit jantung.

Pisang adalah buah yang dikenal luas di Indonesia. Buah pisang bisa dinikmati dengan berbagai cara, seperti dimakan langsung, digoreng, dikukus, atau diolah bersama bahan lain. Tapi pisang tidak hanya enak, namun manfaatnya juga banyak.

Membantu atasi hipertensi

Kalium yang terkandung dalam buah pisang dapat membantu mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit, sehingga tekanan darah tetap stabil. Serat bahan pangan yang dikandung pisang mampu mengikat lemak, dengan demikian pembentukan plak bisa dicegah. Plak bisa menyempitkan bahkan menyumbat pembuluh darah sehingga menyebabkan tekanan darah meningkat.

Sumber karbohidrat dan vitamin A

Buah pisang kaya akan vitamin dan serat. Jika dibanding dengan apel, pisang memiliki lebih dari dua kali lipat karbohidrat, dan lima kali lipat vitamin A. Selain itu pisang juga kaya magnesium dan kalium yang penting bagi tubuh untuk tetap bugar.

Pisang perlancar metabolisme

Tidak perlu obat. Dengan makan pisang, kamu yang mengalami kesulitan saat buang air besar, dapat memakan buah pisang sebagai langkah pengobatan. Karena buah pisang dapat membantu memperlancar pembuangan sisa tubuh dalam proses metabolisme.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Kamu banyak beraktivitas dan suka berolahraga? Kandungan Vitamin A, C, dan B6 yang terdapat pada buah pisang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Sehingga tubuh akan terasa segar dan tidak cepat lemas.

Melancarkan aliran oksigen ke otak

Pisang kaya akan potasium, mineral yang penting bagi penjagaan fungsi jantung dan sirkulasi darah. Oleh sebab itu sirkulasi oksigen ke otak bisa terjamin dan stroke akibat tekanan darah tinggi bisa dicegah.

Mengatasi anemia

Salah satu hal penting lain yang dikandung pisang adalah zat besi. Sehingga buah ini baik bagi orang yang kekurangan darah merah. Tepatnya untuk mendukung pembentukan hemoglobin, atau protein yang mengandung zat besi.

Menyehatkan tulang

Mengkonsumsi buah pisang secara rutin dapat membantu menyehatkan tulang. Pisang adalah salah satu buah yang mengandung mangan cukup tinggi.

Untuk merawat kulit

Pisang yang dicampur madu berkhasiat atasi kulit yang terlalu kering. Ini juga baik untuk rawat kulit orang yang lanjut usia, yang cenderung semakin kering. Selain itu, pisang baik untuk mengatasi jerawat. Caranya, hancurkan daging buah pisang matang, kemudian oleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Diamkan selama 15-30 menit, lalu bersihkan. Lakukan secara rutin hingga jerawat hilang.

Ning Suparningsih