Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil (HMJ TS) Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Indonesia Antarpelajar SMA/Sederajat Se-Jawa Tengah di Gedung V lantai 6 Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM), baru-baru ini.

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Sipil (HMJ TS) Universitas Semarang (USM) menyelenggarakan Lomba Pidato Bahasa Indonesia Antarpelajar SMA/Sederajat Se-Jawa Tengah di Gedung V lantai 6 Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Semarang (USM), baru-baru ini.

Kegiatan yang bertujuan mencetak orator muda itu mengambil tema ”Dampak Pembangunan Infrastruktur bagi Masyarakat Indonesia”. Kegiatan tersebut serangkaian acara dari USM Engineering Fair 2022.

Kegiatan lomba ini diikuti sebanyak 22 siswa SMA/Sederajat Se-Jawa Tengah.

”Ada tiga tujuan dari kegiatan ini yaitu menambah wawasan dan pengetahuan mengenai dampak pembangunan infrastruktur bagi masyarakat Indonesia, mengasah kemampuan generasi muda dalam berpidato, dan menjaga serta mengembangkan potensi muda,” kata Ketua HMJ-TS, M Daffa Adi Pangestu.

Hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Ketua Jurusan TS USM, Ngudi Hari Crista ST MT dan Wakil Dekan I Fakultas Teknik Universitas Semarang Ferry Firmawan ST MT PhD.

Ada tiga Dewan Juri dalam lomba pidato tersebut yaitu Dosen FT USM Ferry Firmawan, S.T., M.T., Ph.D, Dosen Bahasa Inggris FT USM Dr Tatas Transinata, M.Pd dan Dosen Bahasa Indonesia FT USM Andhi Nugraha, S.Pd., M.Pd.

Menurut Daffa, ada lima aspek yang dinilai juri pada lomba ini, yaitu kesesuaian tema, akurasi waktu, gestur, mimik dan improfisasi, artikulasi/vokal dan intonasi, bahasa yang baik sesuai ejaan yang disempurnakan (EYD).

”Hasil dari kegiatan ini yakni juara 1 nomor peserta 12, Syalwa Delima Fitriani dari SMAN 5 Semarang dengan nilai 289, juara 2 nomor peserta 11, Hanna Az-Zahra Karunia N dari SMAN 12 Semarang dengan nilai 283, juara 3 nomor peserta 14, Anindya Citra Larashati dari SMAN 2 Semarang dengan nilai 277,” ungkapnya.

Muhaimin