Poster penyelenggaraan kegiatan “Mahambara Gamelan Nusantara: Gamelan Indonesia untuk Dunia”. Foto:  Dok/ ISI Surakarta

SURAKARTA (SUARABARU.ID) – Sebanyak 14 Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Indonesia pengusul gamelan untuk Unesco akan menerima The Representative List of Intangible Cultural Heritage of Humanity.

Penyerahan sertifikat Unesco dilakukan melalui Kementerian Luar Negeri kepada beberapa pihak dalam acara  “Mahambara Gamelan Nusantara: Gamelan Indonesia untuk Dunia” yang digelar 16 September 2022 malam di halaman Balaikota Surakarta daan terbuka untuk umum.

“Perayaan, dimeriahkan tiga penampilan Gamelan D’Eselon, Konser Tribute to Rahayu Supanggah, dan Konser Paramagangsa Silang Gaya Nusantara yang melibatkan 200 seniman mewakili berbagai gaya musikal Nusantara,” kata Kepala Pusat Studi Gamelan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta Dr. Aton Rustandi Mulyana, M.Sn di Solo, Rabu (14/9).

Kepala Pusat Studi Gamelan ISI Surakarta lebih lanjut menjelaskan, Sertifikat Unesco akan diserahterimakan melalui Kementerian Luar Negeri kepada Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Direktur Jenderal Kebudayaan, dan 14 Pemerintah Provinsi pengusul gamelan untuk Unesco.