Ilustrasi mencuci ayam mentah. Foto: Ning Suparningsih

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Benarkah mencuci ayam mentah bisa menyebabkan keracunan makanan?

Tidak sedikit orang berpendapat bahwa mencuci ayam mentah adalah hal yang tepat untuk dilakukan. Namun faktanya tidak demikian. Mencuci ayam mentah meningkatkan risiko keracunan makanan.

Dilansir dari Suara.com, badan standar makanan Inggris, Food Standards Agency (FSA) telah lama memperingatkan bahwa mencuci ayam mentah sebelum dimasak meningkatkan risiko menyebarkan bakteri campylobacter di tangan, permukaan, baju, dan alat masak, karena cipratan air keran tempat mencuci ikan mentah.

Namun, tidak sedikit orang selalu melakukan kesalahan yang sama. Ketika ayam mentah dicuci di bawah keran air, biasanya cipratan air tersebar. Dengan cara ini, bakteri bisa menyebar ke tubuh kita. Misalnya melalui pisau yang kita pakai dan berada di dekat wastafel dapur.

Di Inggris, menurut FSA, 44% orang mencuci ayam sebelum dimasak, dengan alasan untuk membersihkan kotoran atau kuman atau karena mereka selalu mencuci ayam mentah.

Campylobacter enteritis adalah salah satu penyebab utama keracunan makanan. Khususnya ketika orang tengah bepergian, sehingga bakteri ini dikenal juga dengan sebutan diare pelaku perjalanan.

Infeksi terjadi biasanya karena makan ayam mentah, sayuran segar atau susu yang tidak dipasterisasi.

Bakteri tersebar melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, menurut situs MedlinePlus dan dapat menyebabkan diare, sakit perut, demam, pusing dan muntah.

Bisa menyerang sistem saraf

Sebagian besar orang yang mengalami keracunan makanan hanya sakit sekitar beberapa hari, namun bakteri ini dapat juga menyebabkan gangguan kesehatan jangka panjang.

Sindrom iritasi usus dan sindrom Guillain-Barr syndrome, yang menyerang sistem saraf bisa terjadi akibat infeksi bakteri ini.

Infeksi bakteri ini juga biss menyebabkan kematian. Yang paling berisiko adalah anak-anak dan orang lanjut usia.

Pejabat FSA mengatakan, hal yang dapat dilakukan untuk mencegah keracunan makanan adalah mencuci tangan setelah memegang ayam mentah dan memastikan ayam benar-benar masak. Namun di Inggris, masih banyak yang mencuci ayam mentah.

Biasanya perawatan infeksi bakteri ini termasuk minum banyak air, makan dalam porsi sedikit, serta mengkonsumsi makanan bergaram.

Namun setiap kasus berbeda dan perlu ke dokter untuk mendapatkan rekomendasi obat.

Ning Suparningsih