Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih di rumah dinas Sabtu 30/4.(Foto:SB/Komper Weardopo)

KEBUMEN (SUARABADU.ID) – Wakil Bupati (Wabup) Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih menyatakan, selama Lebaran 2022 semua objek wisata di Kebumen dibuka untuk umum dengan penerapan protokol kesehatan.

Hal itu diungkapkan Ristawati Purwaningsih di sela-sela silaturahmi dan buka Puasa bersama wartawan PWI Kebumen di Rumah Dinas Wakil Bupati Jalan Mayjen Sutoyo, Sabtu (30/4). Hadir pula pada acara tersebut fungsionaris DPC PDP Kebumen Rila Martini dan Arembono.

Menurut Wabup Rista, merujuk tren pariwisata yang digaungkan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), saat ini telah memasuki tahap pemulihan. Apalagi sektor pariwisata dua tahun lebih dilanda dampak pandemi Covid-19. Saatnya dunia pariwisata bangkit.

Wakil Bupati Kebumen Ristawati :Purwaningsih bersama para wartawan anggota PWI Kebumen.(Foto:SB/Ist)

Untuk itu Pemkab Kebumen juga mulai memberikan kelonggaran kepada semua objek wisata. Baik objek wisata yang dikelola Pemkab, oleh pemerintah desa , BUMdes maupun wisata perseorangan. Tujuannya agar sektor wisata di daerah bangkit dan ikut memberikan peningkatan ekonomi.

Wajib Penuhi CHSE

Namun Ristawati mengingatkan, pengelolola objek pariwisata beserta dunia usaha termasuk sektor perhotelan hingga pedagang kaki lima harus menerapkan CHSE sesuai program Kemenparekraf.

Yaitu wajib menerapkan protokol kesehatan yang berbasis pada Cleanliness (kebersihan), Health (kesehatan), Safety (keamanan), dan Environment Sustainability (kelestarian lingkungan).

“Ini wajib dipatuhi, misalnya pedagang kaki lima di lokasi wisata sudah harus vaksin boster. Sedangkan pengunjung juga menerapkan protokol kesehatan,”tandas politisi dari PDIP tersebut.

Menyinggung situasi keramaian di Kebumen menjelang hari raya Idul Fitri 1443, Wabup Rista merasa senang karena belakangan ini sektor ekonomi makin menggeliat. Pemudik pun mulai berdatangan sehingga jalan makin padat. Bahkan semua pedagang baik pertokoan, warung dan kios hingga pedagang kaki lima ikut menikmati keramaiaan prepegan menjelang Lebaran.

“Saya pantau di beberapa jalan protokol semua ramai dan padat. Mudah-mudahan ini pertanda ekonomi mulai pulih. Alhamdulillah dinikmati semua pihak, termasuk pedagang kecil ikut kecripatan rezeki,”tandas Rista.

Dirinya juga berkomitmen sehabis Lebaran akan lebih aktif menjalankan roda pemerintahan selaku wakil bupati. Semua itu sebagai upaya mewujudkan komitmen memberikan yang terbaik kepada rakyat dan memajukan Kebumen.

“Terima kasih kepada semua rekan media atas kerja sama dan sinergi yang baik selama ini. Semoga tahun depan bisa lebih baik lagi,”ujar politisi dari Gombong yang menjabat Wakil Ketua DPC PDIP Kebumen Bidang Kesehatan itu.

Komper Wardopo