Rombongan KONI Salatiga meninjau fasilitas panjat tebing di Blora. Foto: Ist

BLORA (SUARABARU.ID) – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Salatiga melihat kesiapan venue yang akan digunakan dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Tengah (Jateng) di eks-Karesidenan Pati.

Pengecekan diawali di Kabupaten Blora, Rabu 29 Desember 2021. Disusul berikutnya Rembang, Pati dan kabupaten lainnya di wilayah Pati Raya.

‘’KONI Salatiga ingin menyiapkan lebih awal menghadapi Porprov Jateng entah dilaksanakan di 2022 atau 2023. Oleh karena itu kami ingin melihat venue Proprov Jateng di Blora ini seperti apa. Blora kan salah satu tuan rumah Porprov Jateng,’’ ujar Ketua Umum KONI Salatiga Agus Purwanto saat ditemui di lapangan tenis GOR Mustika, Blora, Rabu (29/12/2021).

Kedatangan rombongan KONI Salatiga disambut Ketua Umum KONI Blora Hery Sutiyono dan jajaran pengurus lainnya. Pengecekan pertama diawali di wilayah Kecamatan Cepu. Di kecamatan ujung timur Provinsi Jawa Tengah itu, rombongan melihat venue aeromodelling di Bandara Ngloram.

Berikutnya di Lapangan Ronggolawe yang akan menjadi venue cabang Panahan, Aula STEM Akamigas Cepu yang diproyeksikan menjadi venue cabang judo. Rombongan juga menyempatkan diri melihat lapangan atletik Migas Cepu serta hotel yang diproyeksikan menjadi tempat menginap para atlet Porprov Jateng dan venue cabang olahraga Binaraga.

Koni Salatiga melihat fasilitas GOR Mustika di Blora. Foto: Ist

Baca juga Satreskrim Polres Blora Bekuk 3 Pelaku Penculikan, Yang Menyuruh Suami Korban Sendiri

Setelah dari Cepu, rombongan KONI Salatiga menuju Blora guna melihat venue panjat tebing di lapangan Kridosono, GOR Mustika (venue angkat besi dan angkat berat) serta lapangan Tenis GOR Mustika. Agus Purwanto dan kawan-kawan juga berkesempatan melihat tempat latihan para lifter Blora di jalan Agil Kusumadya Blora.

‘’Kami sebagai salah satu peserta Porprov ingin tahu bagaimana kondisi lapangan dan sarana pendukungnya. Ini akan menjadi bagian pertimbangan litbang dan binpres KONI Salatiga untuk persiapan akhir mengikuti kualifikasi maupun Porprovnya nanti. Karena apapun juga kalau kita ingin berhasil dengan baik tentu harus disiapkan lebih awal,’’ tegas Agus Purwanto.

Menurutnya, KONI Salatiga manargetkan para atletnya bisa meraih 40 medali emas di Porprov Jateng mendatang. Jumlah tersebut lebih banyak dibanding perolehan medali emas kontingen Salatiga di Porprov Jateng 2018 yang mendapat 30 emas dan berada di peringkat ketujuh.

‘’Mudah-mudahan dengan persiapan lebih awal seperti ini, hasilnya juga nanti akan lebih baik lagi,’’ kata Agus Purwanto.

Sementara itu, Ketua Umum KONI Blora Hery Sutiyono mengemukakan Blora sejatinya telah siap menjadi tuan rumah Porprov Jateng. Hal itu dibuktikan dengan kesiapan venue dan sarana pendukung lainnya.

‘’Salatiga mengakui kesiapan kami. Pada prinsipnya Blora sudah siap venue dan sarana pendukungnya. Kita tinggal menunggu keputusan provinsi apakah Porprov digelar di 2022 atau 2023,’’ ujar Hery Sutiyono.

Kudnadi