Wakil Ketua Tim Sembilan, Adeng Sudarwanto (kuning), didampingi beberapa anggotanya sedang memberikan keterangan pers pada para awak media. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Wakil Ketua Tim Sembilan KONI Jateng, Adeng Sudarwanto mengatakan, pihaknya sudah membuka pendaftaran bagi calon Ketua Umum KONI Jateng Periode 2021-2025. Pendaftaran dibuka selama 15 hari, dimulai pada Rabu-Rabu (1-15/12/2021) mendatang.

Dari semua proses yang akan dijalaninya itu, Tim Sembilan yang terdiri dari Joko Priyono (ketua), M Ali Purnomo, Bambang Raharjo, Adeng Sudarwanto (KONI Jateng), Bambang Setiawan (KONI Banyumas), dan Teguh Setyono (Kota Semarang), Agus Supriyadi (taekwondo), Rumini (atletik) dan Erwin Ardian (Siwo PWI Jateng) berharap, akan berjalan lancar.

Pengumuman ketua baru akan dilakukan dalam Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) Jateng, yang dijadwalkan berlangsung Kamis-Jumat (23-24/12/2021) mendatang, di Hotel Patrajasa Semarang.

BACA JUGA: Cahya, Pemegang Rekor MURI Bidang Desain Grafis itu Akhirnya Punya KTP

Adeng Sudarwanto selaku Wakil Ketua Tim Sembilan menyampaikan, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon pendaftar. Di antaranya mendapatkan dukungan tertulis, minimal 20 persen, dari suara yang sah sebagai anggota KONI Jateng.

Surat dukungan tertulis itu juga harus ditandatangani oleh Ketua Umum KONI kabupaten/kota, atau ketua cabang olahraga yang sah. Untuk formulir pendaftaran dan formulir surat dukungan tertulis, hanya dikeluarkan secara resmi oleh Tim Sembilan.

”Kami sudah buka pendaftaran bagi calon Ketua Umum KONI Jateng mulai hari ini sampai 15 hari ke depan. Seluruh mekanisme dan semua persyaratan sudah kami sampaikan kepada seluruh pemilik suara, baik itu secara langsung maupun lewat email,” kata Adeng dalam keterangannya di Kantor KONI Jateng, Rabu (1/12/2021).

BACA JUGA: Pemkab Kudus Pangkas Jumlah Penerima Tunjangan Guru Swasta

Ditambahkan dia, pendaftaran ditutup Rabu (15/12/2021). Dalam sisa waktu yang ada sebelum pelaksanaan Musorprov, akan dilakukan verifikasi hingga Minggu (19/12/2021) mendatang.

Menurut dia, meskipun sudah ada yang mendeklarasikan diri untuk maju sebagai calon Ketua Umum KONI Jateng dan telah didukung beberapa KONI kabupaten/kota, tapi sampai siang ini, belum ada yang mendaftar.

”Sampai saat ini belum ada yang mengajukan pencalonannya secara resmi. Karena persyaratan memang baru kami buka. Untuk tata cara pendaftaran, calon datang ke kantor KONI, mengisi formulir yang disediakan Tim Sembilan. Pendaftaran juga bisa dilakukan melalui tim suksesnya,” tandas dia.

Salah satu kelengkapan pendaftaran yang harus disiapkan yakni, membuat daftar riwayat hidup, punya visi misi, serta membuat surat pernyataan sanggup menyediakan waktu penuh sebagai Ketua Umum KONI Jateng.

Riyan