blank
Terong Balado. foto: jabar.poskota

(SUARABARU.ID)- Tahukah kalian tentang Manfaat terong ungu sayuran yang satu ini ternyata punya manfaat baik bagi kesehatan. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa terong ungu dapat menurunkan risiko berbagai kondisi kesehatan. Bukan hanya itu, sejumlah penelitian meyakini jika terong ungu bisa menurunkan berat badan.

Cocok bagi para wanita yang selama ini punya permasalahan pada bentuk tubuhnya. Selain itu Terong memiliki tekstur daging lembut dengan rasa khas. Maka tak jarang terong dimasukkan dalam menu masakan. Sayangnya tidak semua orang bisa memasak terong dengan benar.

Seperti dilansir jabar.poskota.co.id, terong susah menyerap bumbu masakan. Terong juga mudah hancur kalau terlalu lama dimasak. Umumnya terong dimasak dengan cara digoreng atau ditumis.

Baca Juga: Resep: Lasagna Enak dan Ekonomis

Padahal terong bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Selain lezat, terong juga memiliki gizi dan manfaat besar untuk kesehatan. Di antaranya ama bagi penderita diabetes, bagus untuk otak dan dapat membantu menyuburkan rambut. Resep Makanan Enak Terong Ungu Balado:

Bahan-bahan:

3 buah terong ungu
3 siung bawang merah
3 siung bawang putih
5 buah cabe merah (sesuai selera)
3 buah cabe rawit (sesuai selera)
3 buah daun jeruk iris tipis
Garam dan gula (secukupnya)
Penyedap rasa (sesuai selera)

Baca Juga: Resep: Bolu Lapis Talas

Cara membuat:

1. Cuci terong ungu terlebih dahulu.
2. Kemudian, iris terong ungu, lalu goreng dan tiriskan jika sudah.
3. Haluskan bumbu, seperti bawang merah, bawang putih, cabe.
4. Setelah semua bumbu dihaluskan, kemudian masukkan bahan-bahan bumbu tersebut ke dalam minyak, lalu goreng sampai harum.
5. Jangan lupa tambahkan daun jeruk yang sudah diiris, kemudian beri sedikit air.
6. Tambahkan terong ungu, lalu beri garam, gula, dan penyedap rasa (sesuai selera). Diamkan sampai bumbu meresap sekitar 5-10 menit.
7. Terong ungu balado pun siap untuk disajikan.

Claudia