Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat ketika melihat barang bukti operasi yustisi yang dilakukan Satpol PP. Foto : SB/Muharno Zarka

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menegaskan saat ini pemerintah harus hadir di tengah-tengah masyarakat. Tampilan Satpol PP harus lebih humanis dan santun. Namun musti tetap sigap dan tegas dalam melaksanakan tugas.

“Baik dalam melayani masyarakat maupun dalam rangka menegakan undang-undang (UU) dan peraturan daerah (Perda) yang ada. Sehingga peraturan bisa ditegakan dan mampu membuat masyarakat patuh namun tetap merasa nyaman,” katanya.

Hal itu ditegaskan Afif Nurhidayat, saat memimpin gelar pasukan Satpol PP di halaman Kantor Satpol PP, setempat, Kamis (3/6). Turut mendampingi Bupati, Wakil Bupati M Albar Asisten Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra M Aziz Wijaya dan Kasatpol PP, Haryono.

“Personil Satpol PP boleh garang, kereng dengan pakaian yang ada. Tapi begitu melayani masyarakat dan melakukan penegakan UU dan Perda tetap harus dengan sikap yang humanis dan santun” pintanya.

Sehingga, sambung dia, dengan begitu masyarakat bisa terlayani dengan baik dan peraturan bisa di tegakan. Tapi di sisi lain bisa menyelami apa yang ada di hati sanubari masyarakat yang dilayani. Masyarakat pun akan patuh dengan hati nyaman dan tenang.

Bupati memberikan apresiasi yang tinggi kepada jajaran Satpol PP yang secara menyeluruh telah melaksanakan tugasnya dalam rangka penegakan UU dan Perda dan melayani masyarakat dengan baik.

Bantu Polri

Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat memimpin apel di di halaman Kantor Satpol PP. Foto : SB/Muharno Zarka

“Lebih khusus lagi pada tugas memutus mata rantai penyebaran dan penularan penyakit Covid-19 di wilayah Wonosobo. Bersama personil TNI-Polri dan relawan lainnya, anggota Satpol PP selalu terjun lapangan untuk operasi penegakan prokes Covid-19” tandasnya.

Dalam pandangan Afif, tugas tersebut telah berjalan dengan baik dan lancar sesuai prosedur. Baik razia pekat dan operasi yustisi yang terus dilakukan. Hal itu menjadi bagian strategis bagi pemerintah mengingat sampai saat ini pandemi global Covid-19 masih belum usai.

Bupati bersama Wakil Bupati didampingi Asisten Sekda Bidang Pemerintahan dan Kesra, dan Asisten Bidang Administrasi Umum serta Kasat Pol P juga melakukan inspeksi pemeriksaan kekuatan dan kelengkapan pasukan dan dilanjutkan menyaksikan barang bukti hasil penertiban yang dilaksanakan Satpol PP.

Afif menginstruksikan kepada seluruh anggota Satpol PP ke depan untuk membantu personil kepolisian dan perhubungan dalam pengaturan lalu lintas di lingkungan sekolah, setelah diberlakukan sekolah tatap muka.

Pasca pandemi global Covid-19 usai, ke depan pihaknya minta Satpol PP hadir ikut serta mengatur lalu lintas di titik-titik tertentu di mana anak-anak sekolah akan mengikuti pembelajaraan di sekolah masing-masing.

“Saya tegaskan kembali, ke depan khususnya Satpol PP harus hadir di depan sekolah mengatur dan menyebrangkan anak sekolah dan sebagainya. Nanti bisa disiapkan SOP-nya,” ujar dia.

Karena dirinya ingin pemerintah bisa selalu hadir di mana pun berada, di mana warga membutuhkan. Sehingga masyarakat bisa merasa nyaman dan tenang akan kehadiran pemerintah direpresentasikan oleh kehadiran personil Satpol PP.

Pihaknya berjanji, bersama Wakil Bupati dan pimpinan daerah lainnya, akan selalu membersamai Satpol PP dan seluruh unsur Pemkab Wonosobo, sesarengan membangun Wonosobob agar lebih maju dan berdaya saing.

“Selaku Kepala Daerah, insya Allah saya dan Pak Wakil Bupati akan selalu hadir dan bersama-sama Satpol PP untuk melindungi dan mengayomi masyarakat Wonosobo,” pungkasnya.

Muharno Zarka

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini