Bupati Arif Sugiyanto melepas rombongan PMI Kebumen mengirimkan bantuan ke Kabupaten Malang.(Foto:SB/Ist)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Sebagai wujud kepedulian sesama, Pengurus PMI Kabupaten Kebumen mengirim paket bantuan logistik untuk korban bencana gempa di Kabupaten Malang, Jatim.

Rombongan PMI Kebumen dilepas oleh Bupati Arif Sugiyanto didampingi Ketua PMI Kebumen Sabar Irianto pada Sabtu (17/4) malam. Bupati juga didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Asep Nurdiana.

Sekretaris PMI Kebumen Mukhsinun yang juga pimpinan rombongan PMI Kebumen ke Malang kepada Suarabaru.id menerangkan, rombongan PMI Kebumen berangkat dari Kebumen pada Sabtu (17/4) Pukul 20.30.

Rombongan PMI Kebumen tiba di Malang pada Minggu (18/4) pagi.(Foto:SB/Ist)

Sampai di Malang Minggu pagi (18/4) jam 08.00 di Kantor PMI Kabupaten Malang, diterima oleh Sekretaris PMI Kabupaten  Malang yang juga kepala Markas Apriliyanto.

“Kami disambut staf dan relawan PMI Kabupaten Malang yang sedang bertugas tanggap darurat gempa bumi. Kami juga langsung ikut memberikan bantuan psikososial bagi anak-anak korban gempa di pengungsian,”ucap Mukhsinun didampingi Kepala Markas PMI Kebumen Eko Purwanto.

Adapun bantuan yang disalurkan dari PMI Kabupaten Kebumen antara lain 70 lembar terpaulin ukuran 4×6, 100 unit selimut, 500 kg beras, 250 botol minyak goreng 900 ml, 20 dirigen kecap, dan 35 dus mie instan.

Sekretaris PMI Kebumen Mukhsinun melihat dapur umum di lokasi pengungsian bencana Kabupaten Malang.(Foto:SB/Ist)

Selain memberikan bantuan, para relawan PMI Kebumen juga mengunjungi posko pengungsi masyararakat yang terdampak gempa.  Sekaligus Tim PMI Keumen bergabung dengan relawan lokal pada dukungan psikososial dan meninjau lokasi dapur umum serta kondisi rumah yang roboh.

Sebelumnya Bupati Arif Sugiyanto mengapresiasi pengiriman bantuan ke Malang. Menurut Bupati,   bantuan tersebut merupakan wujud dedikasi kemanusiaan dari PMI Kebumen atas dampak gempa 6,1 SR yang terjadi di Kabupaten Malang.

“Mudah-mudahan awalan ini bisa meringankan beban para korban. Jika masih ada kekurangan Pemerintah Kabupaten Kebumen akan mengirimkan bantuan lagi,”ujar Arif Sugiyanto.

Sedangkan Ketua PMI Kabupaten Kebumen Sabar Irianto mengatakan, bantuan tersebut berasal dari donasi masyarakat Kabupaten Kebumen yang dikumpulkan melalui rekening donasi PMI.

“Ini bentuk kepedulian kita untuk membantu para korban bencana gempa di Malang,”jelas Sabar.

Komper Wardopo