Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat meluncurkan layanan ambulans Si Jago di RSUD KRT Soetjonegoro. Foto: Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat bersama Wakil Bupati M Albar, meluncurkan pelayanan ambulans Si Jago (siap, jemput, gratis, oke), di RSUD KRT Setjonegoro, Wonosobo, Jumat (26/3/2021). Hadir dalam kesempatan itu, jajaran Forkompimda setempat.

Afif sendiri mengapresiasi atas diluncurkannya ambulans Si Jago ini, Diharapkannya, inovasi itu dapat menjadi salah satu solusi yang baik, dalam kecepatan pelayanan pasien dan ketepatan penyelamatan pasien.

Menurut Bupati, Peraturan Pemerintah (PP) No 47 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Bidang Perumahsakitan, disebutkan pada Pasal 37 bahwa, kewajiban rumah sakit melaksanakan fungsi sosial, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 27 ayat (1) huruf f.

BACA JUGA: SK Kepengurusan DPC Himtani Wonosobo Diserahkan

”Itu bisa dilakukan melalui pemberian pelayanan kesehatan pasien tidak mampu, pelayanan gawat darurat tanpa meminta uang muka, penyediaan ambulans gratis, pelayanan korban bencana, bakti sosial bagi misi kemanusiaan, dan melakukan upaya promosi kesehatan melalui komunikasi, informasi dan edukasi,” katanya.

Pihaknya juga menyambut baik upaya RSUD KRT Setjonegoro, dalam menindaklanjuti amanat dalam pasal itu, dengan mengadakan pelayanan ambulans Si Jago. Hal itu merupakan revolusi pelayanan secara komperehensif dan terintegrasi, untuk menata kembali dan keluar dari masa pandemi.

”Salah satunya dengan pelayanan ambulans ini, yang berguna untuk melayani masyarakat Wonosobo yang membutuhkan, agar cepat tertangani. Sehingga pasien akan mendapatkan pertolongan pertama di tempat kejadian, dengan pemantauan kesehatan selama perjalanan ke rumah sakit,” ucapnya.

BACA JUGA: SMA Negeri 1 Wonosobo Siap Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka, Kapan Dimulai?

Layanan ambulans Si Jago diberikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Foto: Muharno Zarka