Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat meluncurkan layanan ambulans Si Jago di RSUD KRT Soetjonegoro. Foto: Muharno Zarka

Orang nomer satu di Wonosobo itu menilai, komitmen ini sebagai hal yang positif, yang tindaklanjutnya harus diawasi serius. Diharapkan, adanya komitmen yang kemudian direalisasikan dalam berbagai bentuk program atau kegiatan ini, dapat senantiasa meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kesehatan.

”Saya harap pimpinan RSUD KRT Setjonegoro beserta jajarannya senantiasa istiqamah, atau menunjukkan konsistensi, terkait komitmennya dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di bidang kesehatan ini,” ujar dia.

Melalui pelayanan ambulans gratis Si Jago, masyarakat dapat menghubungi Hot Line Service 118 dan HP 08112 2721 118. Pelayanan ambulan ini telah terkoordinasi dengan pelayanan ambulans di Kabupaten Wonosobo, yakni dengan PSC 119, Puskesmas, dan Ambulans Club.

BACA JUGA: Bupati dan Wakil Bupati Wonosobo Sarapan Bareng Anak Yatim

”Dengan kerja sama dari berbagai pihak ini, pelayanan kesehatan utamanya dalam kondisi gawat darurat, dapat terlayani semakin baik, cepat, tanggap, dan tepat. Petugas Hot Line harus sigap dalam berkomunikasi dengan masyarakat yang membutuhkan. Jika perlu adakan pelatihan dan susun SOP, agar kinerja petugas dapat terarah dan terstandardisasi,” tukas dia.

Publikasi mengenai pelayanan Si Jago ini, diharapkan dapat terlaksana dengan bantuan kepala desa, media sosial dan Dinas Kominfo Wonosobo, untuk menyebarkan informasi ini kepada masyarakat.

”Silakan RSUD KRT Setjonegoro menjalin kerja sama yang baik serta berkoordinasi secara aktif dengan pihak-pihak terkait, agar masyarakat Wonosobo dapat mengetahui adanya pelayanan ambulans gratis ini, dan memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Layanan ambulans Si Jago diberikan secara gratis kepada masyarakat yang membutuhkan. Foto: Muharno Zarka

Muharno Zarka-Riyan