Donor darah di Desa Ngasem yang diprakarsai oleh Mahasiswa KKN Unisnu.

JEPARA(SUARABARU.ID)_ Mitra 2 KKN Tematik Covid-19 Kelompok 14 UNISNU Jepara bersama  Harnoto bekerja sama dengan PMI  Jepara telah  menyelenggarakan kegiatan donor darah.  Kegiatan  yang dilaksanakan pada hari Jumat, 19 Februari 2021 ini berlangsung  di rumah Harnoto Desa Ngasem Rt 05 Rw 01.

Koordinator Mitra 2 kelompok 14 KKN, Nur Muhaidi menyatakan tujuan diadakan donor darah untuk mensosialisasikan pentingnya donor darah kepada masyarakat Desa Ngasem sekaligus membantu tersedianya stok darah di PMI Kab. Jepara.

Kegiatan kemanusiaan mahasiswa KKN Unisnu
di Ngasem

Pada saat pelaksanaan kegiatan donor darah masyarakat sekitar sangat antusias. Hal ini terbukti dari 36 peserta yang ingin mengikuti kegiatan kemanusiaan ini. “Namun hanya 25 orang yang bisa donor. Sebab HB dan tekanan darah yang tidak memenuhi persyaratan PMI,” ujarnya.

Sementara Parino dari PMI Jepara mengungkapkan, dengan kondisi pandemi ini para pendonor darah juga menurun dibandingkan sebelum adanya pandemi. “Biasanya stok darah terbanyak itu dari anak sekolah dan perbulan bisa mendapatkan 1.500 kantong,” ujarnya.

Sedangkan di masa pandemi seperti ini rata-rata mendapat 700-900 kantong perbulan. “Karena itu donor darah yang dilakukan oleh para mahasiswa KKN di Ngasem ini sangat membantu dalam menjaga ketersediaan stock darah PMI Jepara,” ungkap Parino.

Hadepe – KKN 14