MAGELANG (SUARABARU.ID) – Perkembangan kasus covid-19 di Kabupaten Magelang pada hari ini Selasa 28 Juli 2020 ada tambahan PDP dan terkonfirmasi positif corona.

Jumlah ODP 12 orang. Angka sebelumnya 11 orang berkurang satu  orang lulus pantau. Tetapi tambah dua ODP baru.

Sedangkan PDP 13 orang. Sebelumnya 12 orang tambah lima PDP baru. Tetapi kurang empat PDP pulang membaik.

Petugas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Kabupaten Magelang Bagyo Harsono menuturkan, lima PDP baru adalah warga Mertoyudan, Kajoran, Muntilan, Mungkid dan Sawangan.

Sementara empat PDP yang pulang membaik adalah warga Borobudur, Mungkid, Muntilan, dan Dukun. “Jumlah total PDP pulang membaik sampai saat ini adalah 285 orang,” jelasnya.

Pasien terkonfirmasi positif corona hari ini 17 orang. Yakni tujuh konfirmasi lama tambah 10 konfirmasi baru. Sepuluh konfirmasi baru itu warga Salaman tiga orang, Salam dua orang, Mertoyudan dua orang, Muntilan satu orang, Secang dua orang.

Dijelaskan, konfirmasi baru warga Kecamatan Salaman akibat kontak erat dengan kasus positif corona. Terdiri perempuan 58 tahun, perempuan 33 tahun, pria 61 tahun. “Ketiganya melakukan isolasi mandiri,” tuturnya.

Selain itu pasien terkonfirmasi baru warga Salam adalah wanita 20 tahun kini isolasi mandiri. Lalu pria 38 tahun kini dirawat di RSU Muntilan. Dua warga Kecamatan Mertoyudan terdiri pria 50 tahun riwayatnya kontak dengan kasus konfirmasi dan kini dirawat di RSU Muntilan.

Warga Kecamatan Muntilan yang konfirmasi baru adalah perempuan 39 tahun. Punya riwayat kontak dengan kasus konfirmasi dan kini dirawat di RSU Muntilan.

Kemudian pasien terkonfirmasi warga Kecamatan Secang adalah wanita yang punya riwayat kontak dengan kasus konfirmasi. Selain itu pria 18 tahun punya riwayat kontak erat. Hasil laboratorium swab positif tanggal 28 Juli 2020.

Bagyo menambahkan, jumlah konfirmasi sembuh sampai saat ini 147 orang. Jumlah kasus  meninggal dunia 48 orang. Terdiri 42 PDP dan enam konfirmasi positif.

Eko Priyono