Sopir angkutan kota (angkot) jalur 1 - 10 saat bertemu dengan Calon Wali Kota Magelang Damar Prasetyono. (Dok)

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Sopir angkutan kota
(angkot) jalur 1-10 yang tergabung dalam Forum Komunikasi Awak Angkutan Magelang (FORKAAM) menyatakan dukungan terhadap pasangan bakal calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Magelang, Damar-Sri Harso pada Pilkada 2024. Dukungan ini muncul sebagai respon atas program ‘Angkot Pelajar Gratis’ yang diusung pasangan berjuluk Damai ini.

Ketua FORKAAM, Dwi Susianto mengatakan, kondisi angkot di Kota Magelang saat ini tengah menghadapi tantangan serius akibat persaingan dengan transportasi berbasis aplikasi. Permasalahan utama masih pada penurunan jumlah penumpang dan kurangnya manajemen yang baik dalam mengelola trayek.

“Jalur angkot yang ada tinggal (jalur) 1 sampai 10, dan sudah ada 2 jalur yang mati. Adanya angkot gratis menjadi angin segar bagi kami para pengemudi angkot. Selain merasa dilindungi dan diperhatikan, kami merasa program ini sangat nyata dengan situasi kami saat ini,” ujarnya.

Menanggapi dukungan itu, Damar Prasetyono berterima kasih kepada FORKAAM atas dukungan mereka.

“Kami sangat mengapresiasi dukungan dari FORKAAM. Ini bentuk kepercayaan yang besar, dan kami berjanji akan memperjuangkan keberlangsungan angkot dan kesejahteraan para pengemudinya,” katanya.

Bapak yang juga seorang pengusaha itu menjelaskan, program “Angkot Pelajar Gratis” bertujuan untuk memberikan layanan gratis bagi pelajar, sekaligus mendukung pengemudi angkot yang mengalami penurunan penumpang akibat adanya ojek online.

“Program Angkot Pelajar Gratis akan memastikan pelajar dapat pergi ke sekolah tanpa biaya, sekaligus membantu para pengemudi angkot mempertahankan mata pencahariannya,” jelasnya.

Damar menegaskan, alokasi anggaran sebesar Rp 6,5 miliar per tahun akan digunakan untuk memastikan program ini berjalan efektif. Caranya dengan perbaikan fasilitas dan sistem pengelolaan yang baru demi kenyamanan dan keamanan penumpang.

“Dukungan FORKAAM terhadap kami menunjukkan bahwa program tersebut tidak hanya membantu pelajar, tetapi juga menawarkan masa depan yang lebih baik bagi angkutan umum di Kota Magelang,” ungkapnya.

Tim Sukses DAMAI