PT KAI melayani tes cepat covid-19, di antaranya di Stasiun Balapn. Foto: Ist

SURAKARTA (SUARABARU.ID) -PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) bekerjasama dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) (Persero) akan  menyediakan layanan rapid test covid-19   di berbagai stasiun kereta api (KA) dengan harga terjangkau.

Layanan bagi pelanggan yang akan naik KA Jarak Jauh di stasiun, merupakan bentuk peningkatan pelayanan PT KAI dalam rangka menerapkan protokol kesehatan yang ketat pada moda transportasi kereta api.

Menajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta  Eko Budiyanto dalam keterangan pers yang diterima di Solo, Minggu (26/7) mengatakan, pelanggan yang berhak melakukan Rapid Test di stasiun ini diharuskan memiliki kode booking tiket KA Jarak Jauh.

Mengutip pernyataan Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo yang mengatakan, penyediaan layanan rapid test covid – 19 di stasiun bertujuan memberikan kemudahan bagi pelanggan yang akan menggunakan kereta api di masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Karena itu pihaknya berharap pelanggan kereta api dapat memaksimalkannya. Pada tahap awal layanan  baru tersedia di Stasiun Pasar Senen mulai 27 Juli 2020. Untuk stasiun lainnya, penyelenggaraannya dilaksanakan secara bertahap.

Di wilayah PT KAI Daop 6 Yogyakarta, pelayanan rapid test covid -19 untuk penumpang KA jarak jauh  direncanakan tersedia di Stasiun Tugu Yogyakarta dan Solo Balapan. Pelayanan  seharga Rp 85.000,- tersedia mulai pukul 07.00 s.d jam 19.00 WIB.

“Dengan hadirnya layanan ini, diharapkan mobilitas masyarakat dapat meningkat, dengan tetap menjadikan kereta api sebagai moda transportasi yang aman, nyaman, selamat, dan seluruh pelanggannya sehat sampai di tujuan,” terangnya.

Bagus Adji-trs