SEMARANG (SUARABARU.ID) – Ratusan petugas prasarana PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 4 Semarang berhasil melakukan perbaikan pada salah satu jalur KA di Km 32+5/7 antara Stasiun Gubug – Stasiun Karangjati Kabupaten Grobogan pada Jumat (24/1/2025).
Manager Humas KAI Daop 4 Semarang, Franoto Wibowo menyampaikan, jalur hulu pada lokasi tersebut sudah selesai dilakukan perbaikan pada pukul 03.50 WIB. “Alhamdulillah dini hari ini salah satu jalur yang terimbas banjir sudah dapat dilalui oleh kereta api dengan kecepatan terbatas. Dijadwalkan KA yang pertama akan melewati jalur tersebut adalah KA 126 Harina relasi Bandung-Semarang-Surabaya pada pukul 05.06 WIB,” terangnya.
Selanjutnya KA lainnya dengan relasi Jakarta-Semarang- Surabaya maupun sebaliknya juga secara bertahap akan melewati jalur ini, sehingga pola operasi dengan mengalihkan rute perjalanan secara bertahap akan dicabut dan perjalanan KA akan normal kembali melewati rute yang semestinya.
“Meski jalur sudah dapat dilalui dengan kecepatan terbatas, kepadatan di lintas masih terjadi dan secara bertahap akan terurai. KAI akan terus melakukan rekayasa dan normalisasi pada titik-titik tersebut hingga dapat dilalui kembali dengan kecepatan normal,” ungkap Franoto.
Perbaikan yang dilakukan diantaranya berupa pembuatan pondasi track menggunakan besi dan bantalan beton, pengeceran batu kricak di sepanjang jalur yang terdampak, serta berbagai langkah lainnya untuk menormalkan kembali jalur KA.
Seluruh jajaran KAI terus berupaya semaksimal mungkin untuk dapat menormalkan kembali seluruh jadwal perjalanan kereta api. KAI selalu berkomitmen untuk senantiasa mengutamakan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan perjalanan KA.
Adapun beberapa KA yang masih menerapkan pola operasi memutar pada hari ini meliputi:
1. Memutar via jalur Brumbung-Gundih-Gambringan antara lain, KA 235 Airlangga relasi Surabaya-Jakarta, KA 132 Dharmawangsa relasi Jakarta-Surabaya, KA 229 Ambarawa Ekspres relasi Surabaya-Semarang, KA 107 Jayabaya relasi Malang-Surabaya-Jakarta, KA 236 Airlangga relasi Jakarta-Surabaya, KA 125 Harina relasi Surabaya-Bandung, KA 77 Pandalungan relasi Jember-Jakarta, KA 185 Blambangan Ekspres relasi Ketapang-Jakarta dan KA 131 Dharmawangsa relasi Surabaya-Jakarta.
2. Memutar via jalur Brumbung-Solo-Surabaya antara lain, KA 2 Argo Bromo Anggrek relasi Jakarta-Surabaya, KA 62 Sembrani relasi Jakarta-Surabaya, KA 129 Gumarang relasi Surabaya-Jakarta, KA 186 Blambangan Ekspres relasi Jakarta-Ketapang, KA 220 Kertajaya relasi Jakarta-Surabaya, KA 63 Sembrani relasi Surabaya-Jakarta, KA 3 Argo Bromo Anggrek relasi Surabaya-Jakarta, KA 108 Jayabaya relasi Jakarta-Malang.
Selenjutnya KA 219 Kertajaya relasi Surabaya-Jakarta, KA 4 Argo Bromo Anggrek relasi Jakarta-Surabaya, KA 78 Pandalungan relasi Jakarta-Jember, KA 64 Sembrani relasi Surabaya-Jakarta dan KA 130 Gumarang relasi Jakarta-Surabaya.
KAI juga masih membatalkan beberapa beberapa perjalanan KA pada Jumat, 24 Januari 2025, antara lain KA 548 Kedung Sepur relasi Semarang Poncol – Ngrombo, KA 547 Kedung Sepur relasi Ngrombo – Semarang Poncol, KA 228 Blora Jaya relasi Semarang Poncol – Cepu serta KA 227 Blora Jaya relasi Cepu – Semarang Poncol.
“Penerapan pola operasi KA memutar dan pembatalan beberapa perjalanan KA masih diperlukan untuk mengurai kepadatan di lintas pada hari ini, sehingga perjalanan KA secara bertahap akan normal kembali,” terangnya.
Franoto mengatakan, selama terjadinya gangguan pada periode Selasa (21/1) hingga Jumat (24/1), total terdapat 89 KA yang berjalan memutar melewati jalur Brumbung-Gundih- Gambringan dan Brumbung-Solo- Surabaya, serta 29 KA yang dibatalkan perjalanannya. Selain itu juga tercatat ada lebih dari 1.200 pelanggan yang membatalkan tiket KA nya pada periode tersebut.
KAI juga melakukan evakuasi menggunakan bus dan kendaraan lainnya selama terjadinya gangguan kepada seluruh pelanggan yang perjalanan KA nya terganggu imbas banjir. “Total terdapat sebanyak 46 unit bus yang disediakan oleh KAI Daop 4 Semarang dalam mengakomodir para penumpang KA akibat adanya pengalihan operasional perjalanan KA maupun pembatalan perjalanan KA yang dilakukan,” jelas Franoto.
Sebagai bentuk kompensasi kepada pelanggan, KAI juga memberikan pengembalian bea tiket hingga 100% bagi pelanggan yang terdampak. Pembatalan dapat dilakukan hingga tujuh hari setelah jadwal keberangkatan yang tertera pada tiket.
Untuk informasi terkait jadwal kereta api atau pengembalian tiket bagi pelanggan terdampak, masyarakat dapat menghubungi layanan media sosial KAI121, e- mail: [email protected], dan Whatsapp KAI121 (0811-1211-1121).
Ning S