blank
Sekda Kebumen Edi Rianto.(Foto:SB/Prokopim Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Pemerintah Kabupaten Kebumen kembali meraih predikat terbaik dalam pelayanan publik.

Hal tersebut sebagai bukti upaya memperbaiki pelayanan kepada masyarakat terus dilakukan Pemkab dan memperoleh pengakuan  dari Pemerintah Pusat.

Kali ini Pemkab Kebumen meraih predikat Pelayanan publik Prima pada evaluasi pelayanan publik 2024 dari Kemen PAN-RB.

Pengumuman itu disampaikan Kemen PAN-RB melalui akun resmi youtube pada Selasa (31/12) 2024. Indeks Pelayanan Publik (IPP) Pemkab Kebumen mendapat nilai 4,59 (skala 5,00) dengan kategori Prima (A).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kebumen Edi Rianto dalam keterangan resminya menyampaikan rasa syukur atas prestasi yang berhasil diraih Pemkab Kebumen. Menurutnya ini merupakan kado akhir tahun untuk masyarakat Kebumen yang patut diberikan apresiasi.

“Alhamdulillah puji syukur tahun ini IPP kita mendapat nilai 4,59 dari Kemen PAN-RB yang berarti baik atau prima. Ada 20 kabupaten di Indonesia yang mendapat nilai Prima, termasuk Kabupaten Kebumen. Dan ini menjadi kado indah di penghujung tahun 2024,”ujar Sekda,  Kamis (2/1) 2025.

Ia menuturkan, ada tiga organisasi perangkat daerah yang menjadi lokus penilaian tahun ini, yakni Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial serta RSUD Dr Soedirman.

Lebih lanjut Edi menyatakan bahwa Evaluasi pelayanan publik merupakan skema pengukuran kualitas pelayanan publik melalui tata kelola yang berdampak pada aspek kebijakan Standar Pelayanan Publik, Partisipasi Masyarakat dalam Pelayanan Publik, Transformasi Digital Pelayanan Publik, dan Inovasi Pelayanan Publik.

“Berbagai kebijakan ini tentunya berkaitan satu sama lain, dan menjadi bagian yang diukur dalam instrumen penilaian. Melalui pemenuhan berbagai aspek ini diharapkan terwujudnya pelayanan publik yang sesuai dengan ekspektasi masyarakat,”terangnya.

Ia pun mengajak seluruh jajaran Pemkab Kebumen untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan publik antara lain melalui pembangunan inovasi dan pemanfaatan teknologi informasi dalam penyelenggaraan pelayanan.

“Saya menyambut gembira dan bangga atas diraihnya prestasi ini, hal ini merupakan bukti kerja keras, kerja bersama dan komitmen dari OPD terkait untuk senantiasa memberikan pelayanan publik yang baik/prima kepada masyarakat. Hasil yang diraih ini harus dapat dipertahankan dan ditingkatkan terus di masa mendatang,”ujarnya.

Sekda menyatakan, keberhasilan ini jadi motivasi dan contoh bagi seluruh OPD lingkup Pemkab Kebumen dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

“Saya berharap pelayanan publik yang baik dan prima ini harus dilakukan oleh semua OPD tidak terbatas hanya pada perangkat daerah yang jadi objek penilaian karena pemberian pelayanan terbaik Prima kepada masyarakat merupakan suatu kewajiban,”tandasnya.

Komper Wardopo