blank
Tim Pengabdian Kepada Masyarakat USM, memberikan pendampingan dan pelatihan tentang pentingnya optimalisasi pemasaran bagi UMKM Galery-Imaey Semarang. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Semarang (USM), belum lama ini memberikan pendampingan dan pelatihan tentang pentingnya optimalisasi pemasaran bagi UMKM Galery-Imaey, di Jalan Candi Prambanan Utara II, RT 7/RW 11, Pasadena, Kalipancur, Ngaliyan, Semarang.

Tim PKM USM terdiri dari Ketua Widiyanti SE MM, anggota Ratna Tunjungsari SE MSi dan Agung Budiartono SE MSi. Mereka dibantu dua mahasiswa Ekonomi Akuntansi USM.

Dalam keterangannya Widiyanti mengatakan, kegiatan itu menjadi wahana menyampaikan edukasi, pelatihan informasi dan berbagi inspirasi kepada pelaku UMKM.

BACA JUGA: Tim PKM USM Beri Pelatihan Teknologi ‘Internet of Things’ di SMA Sint Louis

Tujuan kegiatan ini untuk mendampingi mitra dengan mengoptimalkan kebermanfaatan digital marketing, guna lebih meningkatkan potensi keuntungan usaha dalam kondisi ketidakpastian yang melingkupi.

Pihaknya juga memberikan pendampingan dan pelatihan tentang pentingnya optimalisasi pemasaran bagi pelaku UMKM, untuk membantu mereka memasarkan produk, agar lebih mudah dikenal konsumen.

”Hal itu akan memudahkan dalam mendapatkan pelanggan. Selain itu, menghemat biaya promosi dan meningkatkan kecepatan transaksi, sehingga membuka potensi keuntungan yang lebih besar,” katanya.

BACA JUGA: Tim PKM USM Beri Pelatihan Teknologi ‘Internet of Things’ di SMA Sint Louis

Ditambahkan dia, pihaknya mengajak diskusi tentang materi yang disampaikan, sampai mitra benar-benar memahami tentang pentingnya memaksimalkan kebermanfaatan adanya digital marketing dan media sosial, seperti Facebook, WhatsApp, Instagram, TikTok Live, dan YouTube, yang menciptakan peluang lebih luas dan terbuka.

”Tujuan utama sebuah bisnis adalah profit oriented, hal ini menjadi tolok ukur dalam kesuksesan sebuah usaha. Berapa laba yang diperoleh, apakah konsisten nilainya dari waktu ke waktu, apakah terjadi peningkatan atau justru penurunan penjualan,” ujarnya.

Menurutnya, ada berbagai upaya untuk mewujudkan hal itu. Di antaranya, efektivitas dan efisiensi dalam berbagai aspek. Salah satunya, mengimplementasikan strategi pemasaran yang dilakukan, dengan perhitungan dan pertimbangan yang tepat, untuk menjalankan operasional bisnis.

BACA JUGA: Prodi Pariwisata USM Adakan Pergelaran Budaya ‘Kala Citra’

Hal itu dapat menekan biaya promosi, operasional maupun dalam biaya iklan dan efektifitas memilih strategi pemasaran yang tepat, sesuai dengan pasar yang telah dilayani, agar tercapai sesuai sasaran.

”Menggunakan media sosial untuk sarana pemasaran digital, menjadi pendekatan ekonomis yang dapat meningkatkan keunggulan bisnis pada UMKM. UMKM harus dapat memanfaatkan strategi pemasaran yang tepat sasaran, efisien dan efektif. Dengan begitu, para pelaku UMKM dapat mempertahankan positioning-nya di pasar tujuan,” ungkapnya.

Riyan