blank
Sarasehan Pendidikan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Muhammadiyah Kota Semarang di salah satu gedung di Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jumat (25/10/2024) sore. Foto: Tim

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Wakil Ketua PD Muhammmadiyah Kota Semarang, AM Jumai mengakui bahwa pihaknya memiliki kesamaan visi dan misi dengan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Semarang nomor urut 2, Yoyok Sukawi-Joko Santoso (Yoyok-Joss).

AM Jumai menegaskan, PD Muhammadiyah dan Yoyok-Joss sama-sama memiliki konsentrasi untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Dia juga mengapresiasi program Yoyok-Joss yang menjadikan urusan pendidikan sebagai prioritas pembangunan Kota Semarang.

“PD Muhammadiyah Kota Semarang memiliki visi misi dan program yang sama dengan apa yang telah direncanakan dan akan menjadi komitmen Mas Yoyok dan Mas Joss,” ujarnya di salah satu gedung di Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jumat (25/10/2024) sore.

Acara bertajuk Sarasehan Pendidikan bagi Guru dan Tenaga Kependidikan Muhammadiyah Kota Semarang itu dihadiri langsung oleh Yoyok Sukawi-Joko Santoso. Selain itu, hadir pula ratusan guru dan tenaga pendidik dari keluarga Muhammadiyah di Kota Semarang.

Menurut Jumai, pendidikan ialah fondasi utama dalam pembangunan daerah. Oleh sebab itu, ormas keagamaan yang berusia lebih dari satu abad tersebut siap mendukung dan menyukseskan program Yoyok-Joss jika terpilih di Pilwakot Semarang 2024.

“Muhammadiyah memiliki ciri khas, sejak KH Ahmad Dahlan (pendiri Muhammadiyah-red) tahun 1912 itu memiliki komitmen di dalam pendidikan. Agar bisa mencerdaskan bangsa, bisa berperan secara strategis, yaitu awalnya melalui pendidikan,” ungkap dia.

Tidak hanya pendidikan, AM Jumai juga menyebut, pihaknya juga memiliki kesamaan visi dengan Yoyok-Joss dalam upaya peningkatan kualitas layanan kesehatan serta pertumbuhan ekonomi daerah, guna mewujudkan kesejahteraan warga Kota Semarang.

Pada kesempatan itu, pasangan calon Koalisi Semarang Maju Bermartabat juga berdialog dengan para guru dan tenaga pendidik dari Muhammadiyah. Yoyok-Joss menerima berbagai aspirasi dan masukan terkait persoalan pendidikan di Ibu Kota Jawa Tengah.

“Cukup lama kita berdiskusi, istilahnya bedah visi misi, spesial tentang pendidikan, mulai sekolah gratis, pelayanan sekolahan, dana BOS. Kami punya visi yang sama, ini adalah perjuangan kita untuk memperbaiki pendidikan di Kota Semarang,” ujar Calon Wali Kota Semarang, Yoyok Sukawi.

Dia mengatakan, bahwa Yoyok-Joss memiliki program sekolah gratis untuk siswa SD dan SMP serta MI dan MTs, baik negeri maupun swasta. Selain itu, untuk mendukung kualitas pendidikan, Yoyok-Joss berkomitmen meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan guru.

“Tadi kita sampaikan, yang pertama adalah program sekolah gratis, kedua program meningkatkan kualitas dan kesejahteraan guru dan tenaga pendidik, di dalamnya ini termasuk guru swasta, tidak hanya negeri,” ujar mantan Anggota Komisi X DPR RI tersebut.

Sementara Joko Santoso mengucapkan terima kasih kepada keluarga PD Muhammadiyah yang mendukung program Yoyok-Joss, terutama dalam bidang pendidikan. Ke depan jika terpilih, dia berharap bisa bekerja sama memajukan pendidikan di Semarang.

“Kami sudah diterima seperti keluarga, ini merupakan bagian dari ikhtiar yang kita lakukan untuk persiapan di Pilkada 2024. Kami yakin ketika responnya yang luar biasa dari keluarga besar Muhammadiyah ini, Yoyok-Joss bocahe dewe ini bisa menang,” kata Joko Joss.

Hery Priyono