blank
Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana bersama Sekda Jateng Sumarno dalam acara peresmian MAJT An Nuur di Sawitan, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. Insert: MAJT An Nuur. Foto: Humas Pemprov.

MAGELANG (SUARABARU.ID) – Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meresmikan pemanfaatan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) An Nuur di Sawitan, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang, Sabtu, 26 Oktober 2024.

Keberadaan masjid yang dibangun sejak 2022 lalu itu guna mendukung daerah Borobudur sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Masjid yang berlokasi di Jalan Raya Soekarno Hatta, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang ini berdiri di atas lahan milik Pemkab Magelang seluas 1,9 hektar dan milik Pemprov Jateng seluas 3,2 hektar.

Fasilitasnya yang disediakan di antaranya ruang sholat yang bisa menampung 8.000 jamaah. Selain itu juga terdapat ruang Islamic Center yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan keumatan, ruang rapat, dan poliklinik.

Nana Sudjana  mengatakan, fasilitas yang di MAJT Magelang tersebut selain untuk beribadah, juga bisa digunakan untuk kegiatan-kegiatan yang bersifat muamalah.

blank
MAJT An Nuur di Sawitan, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang. Foto: Habiby

“Kami harapkan bisa dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan muamalah yang sifatnya sosial,  pendidikan keagamaan, dan ekonomi Syariah,” ujar Nana saat acara peresmian.

Nana berharap, karena masjid tersebut dekat dengan lokasi wisata Borobudur, sehingga bisa menjadi salah satu objek wisata religi.

Adapun untuk melengkapi sarana dan prasarana masjid tersebut, dipenuhi melalui hasil kerja sama dan bantuan berbagai pihak. Antara lain dari Baznas Jateng, Bank Jateng, dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Jateng.  Beberapa sarana prasarana pendukung yang diberikan adalah mesin pembersih lantai, karpet, pembatas area sholat, fasilitas listrik, dan lainnya.

Ketua Dewan Nasihat Pengelola MAJT An Nuur, Sumarno menambahkan, rencananya pada  tahun 2025 akan dilakukan pengembangan pembangunan masjid tersebut.

“Kita akan menuntaskan pembangunan kawasan MAJT ini dengan merehab masjid agung yang lama dan juga penataan bekas pengadilan agama dan dinas kesehatan,” kata Sumarno yang juga merupakan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah ini.

Selain itu, juga akan dilakukan penyempurnaan pedestrian , taman, area parker,  serta pemasangan CCTV di sejumlah titik.

wied