blank
Bazar pasar murah pakaian pantas pakai yang digelar GRIB Jaya PAC Kalikajar Wonosobo. Foto: SB/Muharno Zarka

WONOSOBO (SUARABARU.ID)– Organisasi Masyarakat (Ormas) Gerakan Rakyat Indonesia Bersatu (GRIB) Jaya PAC Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, pada Jumat (25/10/2024), menggelar aksi sosial ‘Jumat Berkah, di Dusun Kuwukan, Desa Mangunrejo, Kalikajar Wonosobo.

Aksi sosial ini diwujudkan melalui gerakan membersihkan Masjid Baitul Makmur di Dusun Kuwukan, bazar pasar murah pakaian pantas pakai, pembagian 300 porsi makan gratis, hingga pemberian santunan bagi anak yatim piatu warga setempat.

Kegiatan yang digelar GRIB Jaya PAC Kalikajar kolaborasi dengan Warung Makan Bumbu Langit dan Pemerintah Desa Mangunrejo itu, mendapat sambutan dari warga setempat. Mereka tampak sangat antusias mengikuti bakti sosial yang diselenggarakan di halaman Masjid Baitul Makmur itu.

BACA JUGA: Menunggu Vonis  Kasus Tambak Karimunjawa

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua DPC GRIB Jaya Wonosobo Rochim, Camat Kalikajar Aldhiana Kusumawati, Kepala Desa Mangunrejo Sugito, Humas DPC GRIB Jaya Aris, Project Manager WM Bumbu Langit Aaf Khanifudin, pembina GRIB Jaya PAC Kalikajar Umar Yusuf dan Ketua GRIB Jaya PAC Kalijajar Sugeng Supriyono.

Dalam keterangannya Rochim mengatakan, kegiatan sosial ini sangat baik dan merupakan inisiasi GRIB Jaya PAC Kalikajar. Pihaknya berharap, aksi positif itu terus berlanjut di waktu yang akan datang, dan bisa jadi contoh GRIB Jaya di daerah lain untuk melakukan gerakan yang sama.

”Ketua Umum DPP GRIB Jaya, Hercules Rosario Marshal, memang meminta elemen GRIB Jaya di daerah, untuk bersinergi dengan pemerintah desa setempat, membantu kesulitan masyarakat di wilayah masing-masing. GRIB Jaya PAC Kalikajar telah jadi pelapor bakti sosial dan bisa diikuti pengurus GRIB Jaya di daerah lainnya,” tegas dia.

BACA JUGA: MAJT An-Nuur Kabupaten Magelang Sudah Bisa Digunakan Ibadah

blank
Paket makan siang gratis yang dibagikan pada masyarakat Dusun Kuwukan Desa Mangunrejo Kalikajar Wonosobo. Foto: SB/Muharno Zarka

Sementara itu, Camat Kalikajar Aldhiana Kusumawati, menyambut baik dan mengapresiasi gerakan sosial yang telah memberi berkah dan kebahagiaan bagi masyarakat yang membutuhkan. Aksi sosial GRIB Jaya PAC Kalikajar ini sangat perlu diteladani, dan merupakan contoh kepedulian sosial yang sangat positif.

”Bagaimana mereka mau dan mampu membangun kolaborasi dengan banyak stakeholder. Saya rasa aksi sosial ini yang perlu terus dipupuk, membangun kolaborasi satu dengan yang lainnya. Keberadaan GRIB Jaya saya pikir juga jadi inspirasi, dan semangat untuk membangun persatuan dan kesatuan di masyarakat,” cetusnya.

Sedangkan Sugeng Supriyono menambahkan, pihaknya sebelum ini juga telah melakukan gerakan yang sama, dengan membagi paket makan gratis di perempatan jalan Pringapus Kalikajar, bagi pengguna jalan, driver ojek, kuli panggul, pedagang keliling dan buruh bangunan.

BACA JUGA: Forum Silaturahmi Pekerja Kudus Deklarasikan Dukungan untuk Hartopo-Wahib

”Jumat Berkah di Dusun Kuwukan, Desa Mangunrejo ini, merupakan kegiatan yang kedua. Ke depan aksi sosial yang sama akan dilakukan dua minggu sekali, di tempat yang berbeda. Ini merupakan bukti kepedulian teman-teman pada masyarakat yang membutuhkan,” tuturnya.

Project Manager WM Bumbu Langit, Aaf Khanifudin mengungkapkan, hasil penjualan pakaian pantas pakai dalam bazar murah, seluruhnya didonasikan ke Takmir Masjid Baitul Makmur yang ada di Dusun Kuwukan, Desa Mangunrejo.

”Kami siap bersinergi dan berkolaboasi dengan siapapun, sepanjang itu untuk kepentingan sosial dan kebaikan. Kami memang murni melakukan aksi sosial, dan tidak berafiliasi dengan kepentingan politik dan golongan tertentu. Di gerakan sosial sebelumnya, dana yang didapat diberikan pada Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ),” sebutnya.

Muharno Zarka