MAJT Ann-Nuur Kabupaten Magelang
Masyarakat Kabupaten dan sekitarnya kini mulai bisa menggunakan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Ann-Nuur Kabupaten Magelang untuk beribadah kegiatan keagamaan lainnya. Setelah, Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meresmikan pemanfaatan masjid tersebut, Sabtu (26/10/20214) Foto:(W.Cahyono)

KOTA MUNGKID (SUARABARU.ID)- Masyarakat Kabupaten dan sekitarnya kini mulai bisa menggunakan Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) Ann-Nuur  Kabupaten Magelang untuk beribadah kegiatan keagamaan lainnya. Setelah Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana meresmikan pemanfaatan masjid tersebut, Sabtu   (26/10/20214).

“Meskipun  belum diresmikan secara resmi, MAJT An-Nuur ini sudah bisa dimanfaatkan untuk salat dan berbagai kegiatan keagamaan lain. Mengingat pembangunan MAJT ini sudah rampung 100 persen dan jajaran pengurus takmir sudah dibentuk,”’ kata Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana  soft opening pemanfaatan MAJT Ann-Nuur  Kabupaten Magelang, Sabtu   (26/10/20214).

Nana Sudjana mengatakan,sebelumnya MAJT An-Nuur tersebut direncanakanleh Presiden (saat itu) Joko Widodo pada September lalu, bersamaan dengan proyek pembangunan lainnya. Namun, karena terkendala kesibukan, peresmiannya tidak bisa dilaksanakan.

Ia berharap, MAJT An-Nuur tersebut   bisa diresmikan  oleh Presiden Prabowo mendatang dan Pemprov Jateng telah menyampaikan permohonan tersebut kepada Presiden Prabowo .

Nana berharap, masjid yang dilengkapi dengan menara dengan tinggi mencapai 39 meter tersebut, dapat mewujudkan masyarakat Jawa Tengah yang agamis, religius, toleran, dan guyup dalam wadah NKRI.

Selain itu,  pembangunan masjid tersebut menjadi satu upaya Pemprov Jateng dan Pemkab Magelang untuk mendukung Destinasi Pariwisata Super Prioritas Borobudur.

Sekda  Provinsi Jawa Tengah Sumarno mengatakan, MAJT An-Nuur   tersebut berdiri di atas tanah seluas 5,1 hektare yang terdiri atas lahan milik Pemkab Magelang seluas  1,9 hektare, dan milik Pemprov Jateng seluas 3,2 hektare.

Sedangkan,  pembangunan fisik MAJT An-Nuur Kabupataen Magelang tersebut dilaksanakan mulai tahun 2022 hingga 2023. Dengan anggaran yang diperlukan mencapai Rp121, 5 miliar

‘”Masjid ini terdiri dua lantai, lantai satu berupa lobi dan ruangan salat kecil , ruang untuk poliklinik dan tempat wudhu. Sedangkan di lantai dua  digunakan untuk ruangan salat dan ruangan sa’i dan bisa menampung sebanyak 8000 jemaah”kata Sumarno yang juga Ketua Panitia Pembangunan MAJT An-Nuur Kabupaten Magelang

Ke-8000 jemaah yang tertampung diLantai II MAJT An-Nuur Kabupaten Magelang tersebut, dengan rincian, 5000 jemaah di ruang shalat lantai II dan selasar.Dan, 3000 jem aah lainnya di plasa. W.Cahyono