Selanjutnya Yoyok-Joss merupakan putra daerah atau orang yang lahir, besar, dan berproses di Kota Semarang. Sehingga pastinya lebih memiliki kedekatan dengan masyarakat dan diharapkan dapat semakin memajukan Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini.

“Pak Yoyok dan Mas Joko adalah orang yang berwibawa, memiliki pengalaman panjang, dan mumpuni untuk memimpin Kota Semarang dan kami yakin bisa membawa Semarang semakin maju,” kata Budi Setiawan.

Selain itu dia juga mengakui bahwa tidak sedikit warga Semarang yang merindukan kepemimpinan Sukawi Sutarip, Wali Kota periode 2000-2005 dan 2005-2010. Dia berharap Yoyok Sukawi bisa membangun Kota Semarang dengan mengedepankan nilai-nilai humanis.

Sementara Yoyok Sukawi menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan Relawan Sayap Katulistiwa. Dia menyebut memiliki sejumlah program super prioritas yang ditawarkan kepada masyarakat.

Pertama, memberikan layanan pendidikan gratis dan merata untuk siswa SD dan SMP, baik negeri maupun swasta, serta siswa MI dan MTs di Semarang. Menurutnya, urusan pendidikan sangatlah penting sebagai fondasi menyiapkan SDM yang unggul dan berkualitas.

“Kami ingin mengembalikan urusan pendidikan sebagai prioritas pembangunan Kota Semarang. Jika Yoyok-Joss terpilih, kami akan gratiskan sekolah SD, SMP, baik negeri atau swasta, dan MI dan MTS. Syaratnya siswanya harus orang asli Kota Semarang,” ujarnya dalam sambutan.

Kedua, memperbaiki fasilitas dan layanan kesehatan UHC agar bisa diakses seluruh warga Semarang. Lalu tidak menaikkan PBB selama lima tahun serta penguatan ekonomi kerakyatan melalui Kredit Mesra (Masyarakat Ekonomi Sejahtera) senilai Rp 5 juta bagi pelaku UMKM tanpa agunan.

“Tolong sampaikan niat baik Yoyok-Joss kepada keluarga, keluarga besar, tetangga, saudara, sahabat, teman. Kabarkan kabar baik bahwa Yoyok-Joss punya program super prioritas yang bisa dimanfaatkan warga Kota Semarang,” ungkap Yoyok.

CEO PSIS itu juga menekankan, dia bersama Joko Santoso memiliki visi menjadikan Semarang sebagai kota metropolitan yang maju, bermartabat, dan berkelanjutan dengan spirit kolaboratif.

“Sehingga saya harapkan semua unsur, semua elemen, di bawah kepemimpinan Yoyok-Joss ke depan, dengan semangat kolaboratif, kita bisa membawa Semarang menjadi lebih maju dan bermartabat. Kita wujudkan itu bersama-sama,” kata Yoyok Sukawi.

Hery Priyono