blank
Ratusan penyapu jalan Kota Semarang yang tergabung dalam Paguyuban Sapu Jagad menyatakan dukungan kepada paslon nomor urut 01, Agustin - Iswar, di Posko Perkasa Jalan Pandanaran, Jumat sore 19 Oktober 2024. Foto : Tim

SEMARANG (SUARABARU.ID) – Calon Wali Kota Semarang Agustina Wilujeng Pramestuti atau akrab disapa Mbak Agustin mengungkapkan para penyapu jalan merupakan tokoh yang penting bila Semarang mau jadi kota yang dikunjungi banyak orang.

Hal itu disampaikan Mbak Agustin usai kegiatan deklarasi dukungan kepada Pasangan Agustin-Iswar yang dilakukan Paguyuban Sapu Jagad, yang diadakan di Posko Perkasa, Jumat sore 19 Oktober 2024.

Paguyuban Sapu Jagad tersebut merupakan perkumpulan petugas penyapu jalan di Kota Semarang yang memiliki anggota ratusan orang.

“Penyapu jalan ini merupakan tokoh yang penting kalau kita mau jadi kota yang dikunjungi banyak orang, sekarang memang trennya itu penyapu jalannya sedikit tapi yang buang sampah jumlahnya lebih banyak,” ungkap Mbak Agustin.

Melihat para penyapu jalan yang rata-rata telah berusia senja, Mbak Agustin ingin mereka harus diperhatikan masalah kesehatannya.

“Para penyapu jalannya sudah sepuh-sepuh itu sehingga harus di rawat kesehatannya, seiring itu kita harus membuat gerakan untuk membuang sampah di tempat sampah supaya kita juga berkontribusi untuk kebersihan dan keindahan kota,” tandas calon Wali Kota Semarang yang diusung oleh PDI Perjuangan tersebut.

Belum selesainya secara psikologis masyarakat Semarang membuang sampah ditempatnya, menurut Mbak Agustin, membuat para petugas penyapu jalan yang ada di Paguyuban Sapu Jagad tersebut menjadi orang yang penting untuk menjaga kebersihan Kota Semarang.