Kang Tris mengingatkan kita perlu menata pola pikir dan menata kebiasaan jika ingin mengubah keadaan yang lebih baik dengan empat cara sederhana membangun komunitas Masyarakat. Empat hal tersebut adalah 1) Berlawanan dalam pemikiran, 2) Kerjakan hal yang kecil, 3) Mengidentifikasi kondisi dengan potensi yang ada, dan 4). Tidak dimotivasi oleh finansial.

Ngrungkebi Handarbeni

Model Desa Sejahtera Mandiri melalui Pendekatan Desa Wisata Desa Menari Tanon Semarang melalui Pilar Pendidikan; Pilar Kesehatan; Pilar Lingkungan; dan Pilar Kewirausahaan, dengan semangat “Ngrungkebi lan Handarbeni desa”.

blank
Penyerahan Dokumen Kerjasama IPI (Insan Pariwisata Indonesia Kabupaten Jepara) Heri Yamada – Tengah dengan Ketua Pokdarwis Desa Plajan Erwin- Kanan didamping Ketua Tim Pengabdi Dr. Noor Arifin. Foto: hdp

Pemateri yang kedua dengan menghadirkan Mas Herian Noor Cahyadi (Hery Yamada) ketua IPI (Insan Pariwisata Indonesia) Kabupaten Jepara. Herian dalam paparannya menekankan pentingnya keterlibatan seluruh elemen masyarakat dalam pengembangan potensi wisata Desa Plajan.

“Keberhasilan pengembangan desa wisata tidak hanya ditentukan oleh daya tarik alam dan budaya, tetapi juga oleh sinergi dan partisipasi aktif dari masyarakat,” ujarnya.

Strategi pengembangan wisata di Desa Plajan harus mencakup pengelolaan destinasi yang terintegrasi, pelatihan sumber daya manusia, dan pemasaran yang efektif.

“Destinasi wisata harus dikelola dengan baik, dengan memanfaatkan potensi alam dan budaya yang ada, seperti akar seribu dan warisan budaya lokal,” jelasnya.

Selain itu, pengembangan sumber daya manusia juga menjadi prioritas, ujar Herian, terutama dalam meningkatkan kemampuan masyarakat dalam mengelola wisata dan memberikan pelayanan yang baik kepada wisatawan, tambahnya.

Selain itu, promosi dan kerja sama dengan pelaku industri pariwisata lainnya untuk mendongkrak jangkauan pasar bisa dilakukan dengan menggunakan media digital.

“Promosi desa wisata ini tujuannya untuk mengenalkan desa sehingga wisatawan akan tertarik untuk berkunjung sehingga ini bisa meningkatkan perekonomian desa,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan penandatangannan kerja sama antara Pokdarwis Desa Plajan yang diwakili Erwin Erwanto dengan Kang Trisno dan Hery Yamada untuk pengembangan kegiatan wisata di Desa Plajan ke depan, sehingga kegiatan pengembangan dapat dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan.

Sementara itu, Kartono Petinggi Desa Plajan mengapresiasi atas kontribusi tim PKDB Unisnu yang telah berkontribusi membangun desa menjadi lebih maju. “Kami berharap, melalui kolaborasi ini, Desa Plajan dapat semakin dikenal sebagai destinasi wisata unggulan di Jepara,” harapnya.

Hadepe – FR