blank
Sejumlah siswa SD memanfaatkan beragam jenis buku bacaan di Perpustakaan Kelurahan Miroto yang kebetulan bersebelahan dengan sekolah tempatnya belajar. Foto: riyan

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial, saat ini terus dikembangkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Hal itu pula yang juga dilakukan pada anak-anak usai sekolah yang ada di wilayah Kelurahan Miroto, Kecamatan Semarang Tengah.

Kepala Kelurahan Miroto, Sigit Riyanto SSi MP WK menyampaikan hal itu, ketika meninjau perpustakaan yang ada di kantor kelurahan setempat, Rabu (16/10/2024). Beberapa anak sekolah terlihat antusias memilah-milah buku untuk kemudian dibacanya, di sela-sela istirahat jam pelajaran.

Menurut Sigit, kerja sama antara beberapa sekolah yang ada di wilayahnya dengan Kantor Kelurahan Miroto sebagai pengelola perpustakaan, sudah berjalan dengan baik. Pada jam-jam tertentu, para siswa diperkenankan untuk memanfaatkan semua fasilitas yang ada di Perpustakaan Kelurahan Miroto.

BACA JUGA: Kapolres Grobogan Resmikan Selesainya Bedah Rumah Warga Korban Banjir di Gubug

blank
Kepala Kelurahan Miroto, Sigit Riyanto, berfoto dengan latar belakang koleksi ragam buku bacaan yang ada di perpustakaan. Foto: riyan

”Saat ini telah terjalin sinergi yang baik antar-lintas sektoral. Sebagai pelayan dan abdi masyarakat, kami harus melayani semua kebutuhan warga dengan tulus dan penuh kesabaran,” kata dia.

Disampaikan juga, Perpustakaan Kelurahan Miroto telah mendapat bantuan dari pemerintah pusat, berupa satu set komputer beserta printer, rak buku serta beberapa koleksi buku dan majalah dengan berbagai tema.

Sementara itu, Kasi Reksos Kelurahan Miroto yang juga menjabat sebagai Kepala Bidang Pelayanan Perpustaan Desa, Harto SH menambahkan, jam pelayanan dibuka Senin-Jumat, mulai pukul 08.00-16.00 WIB.

”Bagi masyarakat yang ingin membaca-baca, pinjam buku, kami persilakan untuk mengunjungi Perpustakaan Kelurahan Miroto. Kami juga menyediakan WiFi gratis di perpustakaan bagi yang menginginkan,” tukasnya.

Riyan