blank
Pimpinan DPRD Kudus usai acara pelantikan. foto; Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Kudus yang digelar Selasa (15/10) malam berlangsung cukup istimewa. Dua orang calon bupati Kudus Sam’ani Intakoris dan HM Hartopo ikut menghadiri prosesi pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus periode 2024-2029.

Cabup nomor urut 01, Sam’ani Intakoris hadir terlebih lebih awal. Sementara, Cabup nomor urut 02 Hartopo datang di tengah-tengah acara paripurna saat prosesi sidang sudah dimulai.

Keduanya pun duduk menempati kursi undangan terdepan berdampingan dengan komisioner KPU dan Bawaslu Kabupaten Kudus.

Ketua DPRD Kabupaten Kudus H Masan SE MM dalam sambutannya memberikan apresiasi tersendiri kepada kedua calon bupati yang akan berkontestasi dalam Pilkada Kudus tersebut. Masan menyebutkan kedua calon bupati Kudus tersebut adalah orang-orang terbaik yang akan membawa Kabupaten Kudus sejahtera, sehat dan berkah.

“Semoga melalui Pilkada nanti, akan terpilih pemimpin yang mampu membawa Kabupaten Kudus, sejahtera, sehat dan berkah,”ujar Masan.

Usai pelantikan, kedua cabup tersebut tak lupa ikut memberikan ucapan selamat kepada para pimpinan yang telah dilantik.

Baca Juga:

Pimpinan DPRD Kudus Resmi Dilantik, H Masan Kembali Jabat Ketua Dewan

Pengukuhan dan pengambilan sumpah jabatan dilakukan dalam sidang paripurna istimewa di Aula DPRD Kudus, Selasa (15/10) malam.

blank
Cabup Kudus Sam’ani dan HM Hartopo kompak hadiri pelantikan pimpinan DPRD Kudus. foto: Ali Bustomi

Hadir dalam sidang paripurna yang diikuti seluruh anggota dewan tersebut dihadiri pula Sekretaris Daerah Kabupaten Kudus Revlisianto Subekti yang mewakili Pj Bupati Kudus yang tidak hadir, Kapolres Kudus AKBP Ronni Bonnic, Dandim 0722 Kudus Letkol Inf Hermawan Setya Budi, serta Kajari Kudus Henriyadi W Putro.

Ikut menyaksikan prosesi pelantikan para pimpinan OPD, pimpinan perusahaan, ormas hingga stakeholder yang lain.

Empat pimpinan DPRD Kudus tersebut secara bersama-sama melakukan pembacaan sumpah jabatan dengan dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Kudus, Cut Carnelia.

H Masan SE MM yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Kudus kembali terpilih lagi untuk memimpin Lembaga legislative tersebut untuk lima tahun ke depan.

Selain Masan, tiga orang Wakil Ketua DPRD Kudus yang dilantik adalah H Mukhasiron S.Ag, dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Sulistyo Utomo SE MH dari Fraksi Partai Gerindra dan H Anis Hidayat MH dari Fraksi Partai Golkar.

Formasi pimpinan tersebut nyaris sama dengan formasi pimpinan DPRD Kudus periode sebelumnya. Hanya posisi Wakil Ketua dari Fraksi Partai Golkar yang berubah dari semula dijabat oleh Hj Tri Erna Sulistyowati, kini diemban oleh H Anis Hidayat.

Sesuai UU MD3, pimpinan DPRD Kabupaten Kudus yang dilantik merupakan perwakilan dari parpol peraih suara terbanyak dalam Pemilu Legislatif DPRD Kabupaten Kudus 2024.

Pelantikan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jawa Tengah Nomor : 170/214 Tahun 2024 tanggal 13 Oktober 2024 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Kudus Masa Jabatan Tahun 2024 – 2029.

Ali Bustomi