Selain itu, kegiatan sosialisasi ini juga diikuti dengan menyebarkan pamflet yang berisi pemahaman tentang pentingnya menggunakan helm, sabuk pengaman, dan tidak menggunakan ponsel saat berkendara.

“Operasi Zebra Candi 2024 ini tidak hanya fokus pada penindakan, tetapi juga pada upaya preventif dan edukatif. Kami mengajak masyarakat untuk lebih peduli dan berpartisipasi aktif dalam menjaga ketertiban dan keselamatan di jalan,” tambahnya.

Seorang pengguna jalan, Widyawati, menjelaskan dirinya memang terbiasa tertib berlalu lintas. Meski setiap lima tahun sekali perpanjangan SIM dan setahun sekali melakukan perpanjangan STNK, tetapi dirinya tetap patuh berlalu lintas.

“Tidak rugi saya tiap lima tahun sekali perpanjangan SIM dan setahun sekali perpanjangan STNK. Lima tahun sekali ganti plat. Tidak masalah, yang penting saat operasi seperti ini tidak perlu takut, karena lebih baik punya SIM dan bawa STNK daripada tidak sama sekali,” ungkap Widyawati yang mendapatkan hadiah cokelat dari petugas.

Tya Wiedya