Sejumlah masyarakat Kabupaten Batang mengikuti kegiatan senam massal, dalam rangka kegiatan Kampanye Pilkada Damai. Foto: dok/kemenag

BATANG (SUARABARU.ID)– Kelompok Penyuluh Lintas Agama Provinsi Jawa Tengah, bersama Tim Kerja KUB Kanwil Kemenag Jateng, menggelar kegiatan Kampanye Pilkada Damai, di Alun-alun Kabupaten Batang, Minggu (13/10/2024). Kegiatan ini dikemas dalam acara Deklarasi dan Senam bersama, pada momen Car Free Day (CFD).

Mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng Must’in Ahmad, Akhmad Farkhan selaku Kakankemenag Kabupaten Batang, menyampaikan apresisinya pada Kelompok Penyuluh Lintas Agama Provinsi Jateng, yang telah memilih Alun-alun Batang sebagai kegiatan Kampanye Pilkada Damai.

Alhamdulillah, kita bisa bertemu di suasana yang sangat sepesial dan berbeda. Kita berolahraga bersama, sambil menyampaikan pesan penting yaitu Pilkada Damai,” kata Akhmad Farkhan.

BACA JUGA: Kabupaten Temanggung Juara Umum Sippa Dhamma Samajja

Berkaitan dengan tempat-tempat ibadah, dia menegaskan, secara regulasi memang tidak boleh digunakan untuk kampanye. Sedangkan berkaitan dengan netralitas ASN Kemenag, dia menjamin 100 persen netral, atau tidak memihak pada salah satu paslon.

Selain itu, maraknya politk uang yang ada di masyarakat menjelang Pilkada Serentak, pihaknya menghimbau kepada masyarakat, untuk menjauhi hal itu.

Sementara itu menurut Mahsun, Ketua Penyuluh Agama (Pokjaluh) Lintas Agama Kanwil Kemenag Provinsi Jateng yang didampingi Ketua Tim KUB Jateng Zaima menambah, kegiatan ini merupakan kick off dari kegiatan serupa, yang puncaknya akan digelar serentak di 35 Kabupaten/Kota se-Jateng.

”Gerakan ini akan terus dilakukan di seluruh Jateng, yang meliputi 35 Kabupaten/Kota oleh para penyuluh kita, yang jumlahnya kurang lebih 4.765 orang. Hingga puncaknya pada 28 Oktober 2024 mendatang,” jelasnya.

Riyan