Kontingen Kabupaten Temanggung berfoto bersama usai meraih gelar Juara Umum Sippa Dhamma Samajja. Foto: dok/kemenag

BOYOLALI (SUARABARU.ID)– Kontingen Kabupaten Temanggung tampil sebagai Juara Umum pada event Sippa Dhamma Samajja (SDS) Tingkat Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan ini digelar dengan tujuan, untuk menumbuhkan semangat belajar dan berinovasi bagi muda-mudi Buddhis.

Kegiatan SDS 2024 yang digelar Sabtu (12/10/2024) ini, diikuti 503 peserta dari 15 wakil Kabupaten/Kota se-Jateng. Cabang lomba yang dilaksanakan antara lain, melafalkan syair Dhammapada, cerdas cermat (Dhamma Vijja), pidato Buddhis, cerita Buddhis (Dhammakayika), ceramah Dharma Bahasa Jawa (Dhamadesana), cerita bergambar dan menyanyi lagu rohani (Dhamma Gita).

Tahun ini SDS mengusung Tema ‘Esemu’ yakni Etika, Semangat, Empati, Mandiri dan Unggul. Kakanwil Kemenag Provinsi Jateng, Musta’in Ahmad didampingi Pembimas Buddha Karbono menyampaikan, melalui nilai-nilai agama, maka kehidupan dapat terjaga dengan baik.

BACA JUGA: Gelar Fun Run, Cara Pemprov Jateng Kenalkan BPR BKK ke Masyarakat

”Tema yang diambil SDS tahun ini, memiliki makna yang sangat luar biasa. Salah satunya, mengajarkan keramahan. Dan melalui nilai-nilai agama, maka etika akan terjaga dengan baik dimanapun dan kapanpun,” katanya.

Kakanwil juga berharap, agar kepada semua ‘Generasi Emas’, dalam hal ini khususnya muda-mudi Buddhis, agar dapat menerapkan semangat yang tinggi untuk meraih cita-cita. Selain itu juga, menerapkan sifat empati kepada semua manusia, meski dengan latar belakang yang berbeda.

Riyan