Tim Pengabdian Masyarakat bersama mitra “Sanggar Rekhal Abadi” Dukuh Kepuh, Lebak, Pakis Aji Jepara. Foto : Dwk

JEPARA (SUARABARU.ID) – Fakultas Komunikasi dan Desain_Unisnu Jepara melalui program Pengabdian kepada Masyarakat di Dukuh  Kepuh Rt.04/02 Lebak, Pakis Aji, Jepara telah mengadakan serangkaian kegiatan untuk pengembangan mitra pelaku industri kreatif yaitu sanggar Rekhal Abadi.

Pendampingan dilakukan dengan memberikan  pelatihan desain kreatif rekhal, pelatihan pemasaran dengan jurnalistik dan kualitas branding produk pada hari Kamis 10 Oktober 2024.

Kegiatan tersebut melibatkan tim  yang terdiri Dosen Desain Produk Dwi Agus Susila, M.Sn, Dosen Desain Komunikasi Visual Kukuh Dwi Wijanarko, M.Sn dan Dosen Komunikasi Penyiaran Islam Khoirul Muslimin, M.I.Kom. Pelatihan diikuti oleh 12 pekerja.

Penyerahan bantuan mesin router untuk peningkatan produksi di Sanggar Rekhal Abadi yang diterima oleh pemimpin sanggar “Umar Said Mubarok”.Foto: Dwk

Sebanyak 4 mahasiswa yang berasal dari  Program Studi Desain Produk, Program Studi Desain Komunikasi Visual dan Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam, dengan penuh semangat berbagi dan evaluasi proses pembuatan produk rekhal yang terkait dengan pemotongan kayu, penyekrolan sesuai bidang kerja, ukir sebagai hiasan dan penghalusan pada bidang kerja kayu.

Umar Said Mubarok selaku pimpinan sanggar Rekhal Abadi mengungkapkan sangat mendukung pelatihan dan pendampingan ini. “Semoga mahasiswa dan tenaga kerja di bengkelnya bisa saling menerima dan memberi,” ujarnya.

Harapannya ke depan ada mahasiswa dan anak muda yang tertarik untuk bekerja terutama bidang desain pengembangan sehingga mampu mendukung target penjualan yang semakin besar.

Terkait dengan pengabdian masyarakat tersebut, Dekan Fakultas Komunikasi dan Desain Dr. Agus Subhan Akbar, M.Kom mengungkapkan pentingnya kolaborasi antara dosen dan mahasiswa.

Agus Subhan Akbar juga sangat berharap semua dosen di  Fakultas Komunikasi dan Desain mampu bersinergi dengan  pelaku industri kreatif di Jepara.  “Ke depan diharapkan dapat tercapai minimal lima cita-cita yang mulia yaitu kegiatan positif keluarga besar FKD searah dengan pengembangan kebijakan fakultas, pemberian dukungan sumber daya, kolaborasi kemitraan, pengembangan kapasitas dosen dan mahasiswa serta penyelarasan dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” ujar Agus Subhan Akbar

Lebih lanjut Agus Subkan Akbar berharap,  Fakultas Komunikasi dan Desain Unisnu Jepara kedepannya  akan mampu berperan aktif dalam meningkatkan perekonomian bidang UMKM di Kabupaten Jepara melalui kolaborasi  dengan pelaku  ekonomi kreatif yang berkembang di tengah masyarakat.

Hadepe – Dwk