Salah satu peserta kegiatan senam bersama, beruntung mendapatkan doorprize utama berupa sepeda lipat. Foto: dok/kormi

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Dalam rangka pemassalan olahraga masyarakat dan perayaan HUT ke-24 KORMI Kota Semarang, diselenggarakan kegiatan senam bersama. Kegiatan itu dilakukan di halaman Kantor Kecamatan Mijen, Semarang, Minggu (29/9/2024).

Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI), merupakan organisasi yang menaungi induk organisasi olahraga rekreasi. Di Indonesia, KORMI memiliki kurang lebih 83 Induk Organisasi Olahraga (Inorga).

Kegiatan olahraga masyarakat ini, ternyata menarik minat warga sekitar. Kurang lebih 600 peserta ikut berpartisipasi dalam kegiatan itu, tidak hanya dari Inorga, tetapi juga dari beberapa sekolah yang ada di wilayah Mijen.

BACA JUGA: Dirut PGN Pastikan Pemanfaatan Jargas Rumah Tangga di Sleman Lancar

Beberapa Inorga yang juga terlibat dalam acara ini, di antaranya Persatuan Olahraga Tradisional Indonesia (Portina), Asosiasi Senam Kebugaran Indonesia (ASKI), Persatuan Olahraga Pernapasan Indonesia (Porpi), Yayasan Jantung Indonesia (YJI), Komunitas Sepeda Tua Indonesia (Kosti), Universal Line Dance (ULD), Senam Sehat Indonesia-Waitankung (SSI WTK), dan Indonesia Taekwondo Fun (ITF).

Hadir dalam acara ini, Kepala Bidang Pemberdayaan Olahraga Dinas Kepemudaan dan Olahraga Kota Semarang, Sekretaris KORMI Jawa Tengah, Camat, Kapolsek serta Danramil.

”Kegiatan olahraga yang dilakukan secara rutin, dan dilaksanakan secara masif bersama masyarakat, dapat melepaskan kebiasaan yang kurang baik. Di antaranya merokok, minum alkohol, atau berjudi,” kata Triyo Sumanto SE MM, Kabid Pemberdayaan Olahraga, Dispora, yang mewakili Wali Kota Semarang, Dr Ir Hj Hevearita Gunaryanti Rahayu MSos.

BACA JUGA: Menganyam Sirap di Geopark Gunungsewu, Olah Limbah Serai Wangi jadi Rupiah

Menurutnya, pemassalan olahraga yang dilakukan KORMI, sangat bermanfaat bagi sesama yang membutuhkan. Dia berharap, kegiatan seperti ini bisa lebih berkembang dan membawa angin segar dalam dunia kesehatan.

”Karena pikiran yang kuat dan sehat, akan memiliki pengaruh positif pada kesejahteraan psikologis dan perilaku sosial seseorang. Pada gilirannya, secara alami akan mengarah pada kesehatan fisik yang baik,” Imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris KORMI Jateng Edi Purwanto menyampaikan, mendukung kegiatan yang dilakukan KORMI Kota Semarang, yang diketuai Lely Purwandari itu.

BACA JUGA: Cerita Baik Pejuang Gizi, Tumbuhkan Generasi Emas dengan Protein Hewani

”Dengan pemassalan olahraga masyarakat, dan meriahnya perayaan HUT ke-24 KORMI ini, kami mengajak masyarakat untuk tetap giat berolahraga. Hal ini sebagai salah satu upaya menjaga kesehatan dan menjalin silaturahmi,” tukas Edi.

Sebagai puncak acara pemassalan olahraga masyarakat dan HUT ke-24 KORMI Kota Semarang ini, dilakukan pembagian doorprize. Hadiah utama dalam doorprize itu yakni, sepeda lipat dari Sinar Bike.

Riyan