Paslon Hartopo-Mawahib saat sesi jumpa pers usai pendaftaran sebagai cabup-cawup di KPU Kudus. Foto:Ali Bustomi

KUDUS (SUARABARU.ID) – Paslon Bupati dan Wakil Bupati Kudus nomor urut 2 Hartopo-Wahib menjanjikan akan memberikan tunjangan sebesar Rp 16 juta bagi RT dan RW yang ada di Kabupaten Kudus. Tunjangan RT/RW  tersebut menjadi salah satu program unggulan selain Tunjangan Kesejahteraan Guru Swasta (TKGS) sebesar Rp 1 juta.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan Calon Wakil Bupati Mawahib saat bertemu dengan para awak media, Selasa (1/10). Dalam kesempatan tersebut, menjelaskan program tunjangan bagi RT/RW tersebut akan diberikan untuk mendukung kemajuan masyarakat.

“Saya bersama pak Hartopo sudah menghitung secara rinci. Tunjangan RT/RW nantinya sebesar Rp16 Juta per tahun,”kata Mawahib, kepada awak media, Selasa (1/10).

Menurut Mawahib, nantinya dana tersebut sebesar Rp 5 juta diantaranya untuk honor para Ketua RT/RW. Sementara, sisanya bisa digunakan untuk kegiatan lingkungan seperti perayaan 17 an hingga kegiatan hari besar lainnya, atau untuk kearifan lokal.

Mawahib menyebut, dana tersebut bersifat Bankeu, yang berati rekapitulasi anggaran bantuan keuangan yang di alokasikan untuk warga dan diawasi langsung oleh inspektorat daerah.

“Sifatnya Bankeu, domainnya di PMD (Dinas Pemberdayaan Masyarakat atau Desa. Dihitung dari sisa belanja daerah masih mencukupi. Kami yakin ini tepat sasaran,” katanya.

Baca Juga:

Inilah Visi dan Misi Cabup-Cawabup Kudus, KPU Sebut Sudah Tidak Bisa Diubah Lagi

Mawahib menegaskan, program unggulan yang disampaikan tersebut bukan hanya janji politik semata. Menurutnya, seluruh program unggulan paslon Hartopo-Wahib dituangkan dalam dokumen tertulis yang disertakan dalam visi misi yang dikirimkan ke KPU.

“Jadi, program tersebut tidak hanya sekedar janji saja, tapi tertuang dalam dokumen resmi yang ada di KPU,”paparnya.

Hal tersebut menurut Mawahib, sebagai bentuk komitmennya atas apa yang dijanjikan kepada masyarakat. Jika terpilih nanti, publik nanti bisa menagih janji-janji tersebut karena tertuang dalam dokumen negara.

Karena selain program TKGS maupun tunjangan RT/RW, menurutnya, masih masih banyak lagi program unggulan yang akan diberikan. Dan semuanya itu, muaranya adalah untuk kesejahteraan masyarakat.

Ali Bustomi