Prodi Akuntansi Unissula terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan melalui berbagai kegiatan. Hal ini sebagai upaya menghadapi tantangan era digital. Dan mempersiapkan mahasiswa siap menghadapi dunia kerja. Salah satunya melalui Uji Kompetensi Teknisi Akuntansi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi Teknisi Akuntansi (LSP-TA). Acara yang diselenggarakan di Ruang Seminar dan Lab Kom 2 FE ini melibatkan 49 mahasiswa sebagai peserta, Rabu (25/9/2024).

Melalui program ini mahasiswa mendapatkan kesempatan mempraktikkan keterampilan audit menggunakan teknologi digital. “Aplikasi Eduakksa memungkinkan mahasiswa untuk melakukan simulasi audit, memberikan mereka pengalaman nyata yang sangat berguna dalam dunia kerja. Selain itu, mahasiswa yang lulus uji kompetensi ini akan mendapatkan sertifikasi resmi dari BNSP, yang memberikan nilai tambah bagi mereka di pasar kerja,” ungkap Kaprodi S1 Akuntansi Provita Wijayanti SE MSi PhD Ak CA IFP AWP.

Pihaknya mengungkap melalui kegiatan ini menunjukkan komitmen FE Unissula dalam mempersiapkan mahasiswa siap bekerja. “Tak hanya mendapatkan ijazah, mahasiswa juga dibekali dengan keterampilan praktis yang dilisensikan oleh lembaga sertifikasi profesional. Hal ini memberikan keunggulan kompetitif bagi lulusan S1 Akuntansi Unissula, terutama dalam bidang audit, sesuai dengan profil lulusan yang difokuskan pada pengembangan keterampilan sebagai auditor,” jelasnya.

Selanjutnya mahasiswa diberi kesempatan untuk uji kompetensi menggunakan Aplikasi Eduakksa. Uji kompetensi dipandu langsung oleh dua asesor Didiek Susilo Tamtomo SE MAk CA CPTA dan Zulaika Putri Rokhimah SE MSi Ak.

Uji kompetensi ini merupakan rangkaian dari workshop pembelajaran audit berbasis aplikasi eduakksa. Adapun workshop telah berlangsung pada 30 Mei 2024 lalu.