Himalika USM mengajak warga untuk peduli terhadap lingkungan, yang dipusatkan di Kelurahan Bandaharjo, Kecamatan Semarang Utara, Semarang, Sabtu (21/9/2024). Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (Himalika) Universitas Semarang (USM), mengajak warga untuk peduli terhadap lingkungan, dengan mengadakan kegiatan Himalika Social Day (HSD).

Kegiatan itu dipusatkan di Kelurahan Bandaharjo, tepatnya di Jalan Lodan Raya RT 006/RW 002, Bandarharjo, Kecamatan Semarang Utara, Semarang, Sabtu (21/9/2024).

Ketua Panitia, Adila Setya Pratiwi mengatakan, kegiatan yang mengangkat tema ‘Edukasi Daur Ulang Pintar dan Aksi untuk Lingkungan’ itu, diikuti 31 peserta. Mereka terdiri dari mahasiswa baru USM, dan Karang Taruna Bandaharjo.

BACA JUGA: Paslon Bupati-Wakil Bupati Mendapatkan Pengawalan Pribadi

”Kegiatan ini bertujuan untuk mengajarkan cara-cara mendaur ulang sampah, menjadi barang yang berguna. Selain itu juga, meningkatkan kesadaran peserta tentang pentingnya menjaga lingkungan,” katanya.

Kegiatan yang dihadiri dosen Ilmu Komunikasi USM, Bagus Pamungkas SIKom MIKom itu, mendatangkan narasumber dari Bank Sampah Bina Lestari, Supardi dan Mustaqim.

Menurut Adila, kegiatan ini berlangsung meriah dan peserta sangat antusias. Terlebih adanya praktik membuat vas bunga dari plastik, koran, kardus, dan kawat.

”Saya berharap, setelah kegiatan ini karang taruna dapat menjadi lebih peduli terhadap sampah di sekitar. Selain itu juga, menjadi orang-orang yang berperan dalam melakukan sosialisasi terhadap masyarakat sekitar,” ungkapnya.

Riyan