Pelatih Kempo Jateng, Fitria Handayani (kiri), berfoto bersama Graciana Tati Oematan. Foto: dok/ist

BANDA ACEH (SUARABARU.ID)– Tampil di nomor Randori kelas 50-55 kg, Graciana Tati Oematan, sukses menyumbang medali emas untuk Jawa Tengah di cabang olahraga Kempo, pada PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara, yang digelar di GOR KONI Aceh, Banda Aceh, Kamis (19/9/2024).

Raihan emas ini cukup prestisius bagi Tim Kempo Jateng, yang sebenarnya datang ke PON sebagai cabor non unggulan. Bahkan Kempo Jateng masuk dalam kategori Lini 3B, yakni ditarget cukup hanya meraih satu medali.

Alhamdulillah, atlet kami bisa mendapatkan emas tanpa kalah sekalipun, dari awal sampai babak-babak selanjutnya. Jadi dia maju dengan mulus tanpa ada cedera yang serius,” kata Fitria Handayani, pelatih Kempo Jateng usai pertandingan.

BACA JUGA: Bawa Pulang 5 Medali Emas, Jateng Juara Umum Cabor Bulutangkis

Disampaikan juga, saat tampil di final melawan wakil NTT, Aurelia Belmo, anak asuhnya itu tampil lepas, sehingga mampu menguasai pertandingan. ”Dari segi mental bagus, tidak ada rasa takut. Dia bermain dengan penuh hati-hati juga,” ujarnya.

Pada PON kali ini, Kempo Jateng meloloskan dua nomor melalui dua atlet putrinya, atas nama Agatha Ermy Tresilda Kapitan, dan Graciana Tati Oematan. Dua atlet putri itu turun di nomor Embu Pasangan Putri, dan Pandori Putri 55 kg.

”Medali emas ini sudah memenuhi target, karena di Pra PON kami justru tidak meraih medali, hanya urutan enam. Sehingga kami ditarget KONI hanya meraih medali saja. Tetapi tidak disangka, kami bisa meraih emas,” ungkapnya.

Riyan