Bupati Kebumen Arif Sugiyanto simbolis menyerahkan kartu BPJS Ketenagakerjaan kepada para penderes kelapa, di Pantai Pecaron, Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kamis 19/9.(Foto:SB/Kominfo Kbm)

KEBUMEN (SUARABARU.ID) – Bupati Kebumen Arif Sugiyanto akhirnya memenuhi janjinya memberikan jaminan BPJS Ketenagakerjaan kepada para penderes kelapa.

Setidaknya di tahap awal ada 710 penderes kelapa di dua kecamatan di Kabupaten Kebumen yang memperoleh jaminan BPJS Ketenagakerjaan dari Pemerintah Daerah.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan tersebut secara simbolis diserahkan Bupati Arif Sugiyanto kepada 10 penderes kelapa di objek wisata Pantai Pecaron, Desa Srati, Kecamatan Ayah, Kamis (19/9) 2024.

Kegiatan ini turut dihadiri Dandim 0709 Letkol CZi Ardianta Purwandhana, Ketua Tim Penggerak  PKK Kebumen Iin Windarti, Kepala Dinas Tenaga Kerja Budhi Suwanto dan para pimpinan OPD.

Bupati menyatakan, pemberian BPJS Ketenagakerjaan ini tidak lain untuk memberikan jaminan kepada para penderes ketika terjadi kecelakaan kerja atau kematian. Sebab, selama ini kehidupan para penderes ini tidak tersentuh perhatian dari pemerintah.

“Alhamdulillah hari bisa kita berikan untuk mereka jaminan BPJS Ketenagakerjaan. Mereka ini termasuk kelompok yang rawan terjadinya kecelakaan kerja, karena setiap hari harus menaiki puluhan pohon kelapa, tanpa menggunakan alat pengaman,”ujar Arif Sugiyanto.

Perwakilan penderes kelapa penerima BPJS Ketenagakerjaan bersama Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Kamis 19/9.(Foto:SB/Kominfp Kbm)

Untuk itu pemerintah perlu memberikan jaminan menyangkut pekerjaan mereka sehingga ketika terjadi hal yang tidak diinginkan kehidupan mereka sudah mendapat jaminan asurasi dari BPJS Ketenagakerjaan yang dibayarkan oleh Pemerintah Daerah.

“Ketika bapak-bapak ini sudah tidak bisa lagi bekerja karena terjadi kecelakaan kerja atau kematian, maka dari BPJS yang akan menanggung biaya sekolah anaknya dengan mendapatkan beasiswa dan juga santunan. Itulah pentingnya asuransi karena masa depan kita semua nggak ada yang tahu,”ujarnya.

Menurut Bupati, dalam mengelola APBD tidak boleh hanya fokus pada pembangunan infastruktur semata. Namun perlu juga memperhatikan kesejahteraan masyarakat, dengan memberikan kepada masyarakat program bantuan yang berkelanjutan.

“Misalnya memberikan jaminan BPJS Kesehatan, Alhamdulillah saat ini Kebumen sudah memperoleh UHC. Artinya masyarakat dijamin kesehatannya oleh pemerintah. Kemudian bantuan-bantuan lain seperti beasiswa, makanan bergizi, sembako, bantuan modal UMKM dan lain sebagainya,”tuturnya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Kebumen Budhi Suwanto menambahkan, saat ini yang mendapat BPJS Ketenagakerjaan baru di dua kecamatan, yakni Ayah dan Buayan. Sebab, para penderes kelapa mayoritas ada di kecamatan tersebut. Untuk kecamatan lain akan diberikan di tahun 2025.

“Di Kecamatan Ayah ada 510, di Buayan ada 200 jadi total 710 penderes. Untuk penderes di kecamatan lain menyusul di tahun 2025. Jadi ini program bertahap, dan terus berkelanjutan,” terang Budhi.

Pemberian jaminan BPJS Ketenagakerjaan ini merupakan komitmen Bupati yang sebelumnya pernah disampaikan saat menggelar pertemuan dengan para penderes di Ayah. Mereka meminta ada jaminan dari Pemda terkait risiko pekerjaan yang mereka jalani.

“Jadi ini merupakan aspirasi dari bawah yang disampaikan para penderes kepada beliau Bapak Bupati ada pertemuan dengan masyarakat Ayah. Mereka ingin ada jaminan untuk pekerjaan mereka, dan tidak butuh waktu lama hal itu dikabulkan oleh bapak Bupati,”ucap Budhi.

Program Jaminan Kecelakaan Kerja sangat bermanfaat untuk memberikan perlindungan kepada pekerja dari saat berangkat, aktivitas selama bekerja hingga pekerja kembali ke rumahnya.

Komper Wardopo