Ilustrasi kesehatan mata. Foto: Freepik

SEMARANG (SUARABARU.ID)- Menjaga kesehatan mata merupakan hal penting yang perlu dilakukan untuk memastikan mata tetap berfungsi dengan optimal dan untuk menjaga kualitas hidup yang lebih baik.

Meski begitu, ada beberapa ciri-ciri mata sehat yang bisa Anda kenali dengan mudah, seperti, Jernih dan tidak kabur. Tidak ada rasa sakit atau perih. Tidak ada benjolan atau bengkak di sekitar mata.

Menjaga kesehatan mata menjadi salah satu hal penting yang harus dilakukan oleh setiap orang. Pasalnya, mata merupakan salah satu organ terpenting yang dapat membantu manusia untuk menjalani berbagai aktivitas. Jika mata tersebut mengalami gangguan maka hal itu juga akan mengganggu aktivitas sehari-hari orang tersebut.

Dilansir dari Suara.com, sayangnya masih banyak orang yang tidak memedulikan kesehatan matanya, terutama di era digital seperti saat ini. Dimana banyak orang menghabiskan waktu yang lama di depan layar digitalnya.

Hal tersebut tentunya dapat memengaruhi kesehatan mata seseorang. Berikut ini, 5 tips untuk menjaga kesehatan mata di era digital sebagaimana dikutip dari halodoc.com.

1. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Mengonsumsi makanan yang bergizi tentunya akan memberikan efek yang baik bagi tubuh kita, tak terkecuali mata kita. Salah satu cara untuk tetap menjaga kesehatan mata kita adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, terutama makanan yang mengandung banyak vitamin A di dalamnya.

Kandungan vitamin A dapat membuat matamu tetap sehat dan berfungsi dengan baik. Kandungan vitamin tersebut dapat kamu temui di berbagai jenis makanan, seperti sayuran hijau, wortel, dan kacang-kacangan.

2. Menggunakan kacamata anti radiasi

Di era digital ini kamu pasti akan sering menggunakan alat digitalmu seperti smartphone, laptop, dan tablet untuk membantu aktivitas sehari-hari. Beberapa peralatan digital tersebut dapat mengeluarkan radiasi yang dapat memperburuk kesehatan matamu.

Oleh karena itu salah satu cara untuk mencegahnya adalah dengan menggunakan kacamata anti radiasi. Kacamata anti radiasi terbukti ampuh untuk melindungi matamu dari radiasi peralatan digital yang kamu gunakan.

3. Membatasi waktu di depan layar

Di era digital seperti saat ini kita dapat menemukan banyak orang menghabiskan waktu yang lama, bahkan bisa sampai berjam-jam di depan layar digitalnya. Hal ini tentunya dapat berakibat buruk bagi kesehatan mata, seperti mata yang kering atau mata yang tegang sehingga sulit untuk fokus melihat suatu objek dalam jarak jauh.

Cobalah untuk mulai membatasi dirimu berada di dapan layar digital. Atau jika kamu harus menghabiskan waktu yang lama di depan layar digital, maka kamu harus menyisihkan waktu untuk istirahat sejenak. Hal tersebut bertujuan untuk mencegah matamu kelelahan.

4. Rutin berolahraga

Rutin berolahraga juga dapat membantumu untuk menjaga kesehatan mata di era digital. Dengan rutin berolahraga kamu dapat mengurangi resiko penyakit mata dan resiko kehilangan penglihatanmu.

Selain itu dengan rutin berolahraga kamu juga dapat menurunkan resiko terkena beberapa penyakit, seperti serangan jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, dan kolestrol tinggi. Dimana beberapa penyakit tersebut dapat menjadi salah satu faktor penyakit pada mata.

5. Rutin periksa mata

Cara terakhir yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan rutin memeriksakan matamu ke dokter mata. Pemeriksaan mata disarankan bagi setiap orang, baik yang sudah lanjut usia ataupun yang masih muda.

Pemeriksaan mata dilakukan sekurang-kurangnya 2 tahun sekali. Dengan rutin memeriksakan matamu kamu dapat mendeteksi gangguan pada mata yang tidak disadari sebelumnya. Kamu juga dapat melakukan pencegahan awal terhadap gangguan yang ada di mata.

Itulah 5 tips untuk menjaga kesehatan mata di era digital. Semoga bermanfaat!

Claudia