Atlet Para Badminton akan menyuguhkan penampilan terbaiknya, untuk meraih podium dalam gelaran Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024, yang diadakan di Edutorium UMS, Solo, 17-22 September 2024. Foto: dok/djarumfoundation

SOLO (SUARABARU.ID)– Sebanyak 121 atlet dari 10 negara, dipastikan ikut dalam turnamen Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024. Event ini digelar di Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Solo, Selasa-Minggu (17-22/9/2024).

Sebanyak 10 negara yang akan mengikuti event ini, Australia, Azerbaijan, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Korea Selatan, Singapura, Spanyol dan Uni Emirat Arab, akan memperebutkan gelar juara melalui 22 nomor pertandingan, baik tunggal maupun ganda, di sektor WH 1, WH 2, SL 3, SL 4, SU 5, hingga SS 6.

Gelaran ini makin prestisius, mengingat pada tahun ini federasi bulu tangkis dunia (BWF), meningkatkan status turnamen menjadi Grade 2 Level 2, dari semula Grade 2 Level 3.

BACA JUGA: Luar Biasa, Golf Mampu Berikan Emas Perdana untuk Jateng

Tak hanya itu, kompetisi yang turut didukung oleh Bakti Olahraga Djarum Foundation ini, juga menyediakan total hadiah sebesar USD 10 ribu, atau lebih dari Rp 150 juta.

Besarnya hadiah di event ini, menjadikan Hydroplus Indonesia Para Badminton International 2024, sebagai satu-satunya turnamen Para Badminton di dalam kalender BWF, yang memberikan reward kepada sang pemenang.

Group Brand Head Hydroplus, Yose Moriza menyampaikan, meningkatnya status turnamen ini, dapat menjadi magnet bagi para atlet. Dia juga optimistis, penyelenggaraan event ini dapat semakin membangkitkan semangat atlet-atlet di Tanah Air, dalam mengasah potensi diri.

BACA JUGA: Strategi Pembalap BMX Putri Jateng Berbuah Emas

”Sebuah kebanggaan bagi kami, karena dapat mendukung penuh event ini. Dengan mengusung tema #KeepUpTheSpirit, kami berharap para atlet bertanding dengan semangat juang dan energi positif, untuk meraih podium tertinggi,” ujar Yose.

Sementara itu, Yuni Kartika selaku perwakilan Bakti Olahraga Djarum Foundation menyampaikan, turnamen ini merupakan wujud nyata untuk menjaga mata rantai prestasi Para Badminton Indonesia, agar semakin berkilau di panggung dunia.

”Para Badminton merupakan cabang olahraga yang memberikan kejayaan bagi Indonesia di panggung dunia. Bahkan Indonesia meraih medali emas di nomor Ganda Campuran SL3-SU5 di Paralimpade Paris lalu,” ungkap dia.

BACA JUGA: Kandang Ayam di Gubug Ludes Terbakar, 16 Ribu Anak Ayam Mati Terpanggang

Sedangkan Wakil Sekretaris Jenderal National Paralympic Committee (NPC) Indonesia, Rima Ferdianto, yang juga Ketua Panitia Pelaksana turnamen ini menuturkan, India akan menjadi lawan terberat.

”India mengirimkan atlet terbanyak di ajang ini, dengan total mencapai 60 atlet. Pada gelaran yang sama tahun lalu, India berhasil meraih tiga gelar juara, dan menempatkan 14 atletnya di posisi runner up serta juara ketiga,” imbuhnya.

Beberapa nama yang meraih kejayaan di Paralimpade Paris 2024, yang juga akan terjun di event ini, salah satunya Ganda Campuran SL3-SU5 Leani Ratri Oktila/Hikmat Ramdani, yang baru saja sukses memboyong medali emas di Paris 2024.

Selain itu, Ratri memiliki juga modal bagus, dengan mengantongi tiga gelar juara di kategori Tunggal Putri, Ganda Putri dan Ganda Campuran, pada Indonesia Para Badminton International tahun lalu.

Riyan