Juara I Gelar Desa Wisata menerima hadiah uang sebesar Rp 20 juta, juara II Rp 15 juta, dan III Rp 10 juta yang diserahkan oleh Kabid Pengembangan Destinasi Disporapar Jateng Aria Chandra Destianto mewakili Pj Gubernur Jateng di Purworejo, Jumat (13/9/2024). Foto: R. Widiyartono

PURWOREJO (SUARABARU.ID) – Desa Wisata Pagak, Kecamatan Purwareja Klampok, Kabupaten Banjarnegara menjadi juara I Gelar Desa Wisata 2024 yang diselenggarakan Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah.

Penghargaan berupa plakat dan hadiah uang tunai sebesar Rp 20 juta diserahkan oleh diserahkan Kabid Pengembangan Destinasi Aria Chandra Destianto dalam acara Gelar Desa Wisata Jateng di pendopo Kabupaten Purworejo, Jumat (13/9/2024).

Selanjutnya untuk pemenang kedua Desa Wisata Kemutug Lor, Batutrraden, Kabupaten Banyumas, dan juara ketiga Desa Wisata Tegalsambi, Kabupaten Jepara masing-masing mendapatkan plakat, sertifikat beserta uang sebesar Rpm15 juta dan Rp 10 juta.

Selain juara kesatu, dua, dan tiga juga diberikan hadiah untuk Juara Harapan 1 Desa Wisata Tasik Harjo, Kabupaten Rembang, Juara Harapan 2 Desa Wisata Jatibatur, Kabupaten Sragen, Juara Harapan 3 Desa Wisata Karangmangu, Kabupaten Cilacap dengan sertifikat/plakat dan hadiah uang bernilai Rp 8 juta, Rp 6,5 juta, dan Rp 5 juta.

Kemudian juga penghargaan berupa plakat dan piagam diserahkan kepada empat desa wisata lain yang masuk 10 besar yaitu enam desa wisata juara dan Desa Wisata Samirono Kabupaten Semarang, Desa Wisata Domiyang Kabupaten Pekalongan, Desa Wisata Kepuhsari Wonogiri, Desa Wisata Megelung Kidul Purworejo, dan Desa Wisata Kun Gerit Sragen.

Juara harapan I, II, dan III masing-masing mendapata hadiah uang Rp 8 juta, Rp 6,5 juta, dan Rp 5 juta. Foto: R. Widiyartono

Gubernur Jateng, Nana Sudjana dalam sambutan yang yang dibacakan oleh Kabid Pengembangan Destinasi Wisata Dinas Kepemudaan Olahraga dan Pariwisata Jateng, Aria Candra Destianto mengatakan, tahun 2024 even Gelar Desa Wisata Kembali digelar untuk yang ke-9 kali sejak pertama klai diadakan tahun 2015.