Disna Ayu Luhutia. Foto: dok/konijateng

PIDIE (SUARABARU.ID)– Medali emas kembali dipersembahkan Tim Sepatu Roda Jawa Tengah yang berlaga di PON XXI/2024 Aceh Sumatera Utara. Kali ini emas diraih Disna Ayu Luhutia di nomor Sprint 1.000 Meter Putri, pada lintasan Sepatu Roda Pantai Pelangi, Kabupaten Pidie, Banda Aceh, Kamis (12/9/2024).

Roller Jateng itu mencatatkan waktu 1.36,713 menit, mengungguli atlet Jawa Barat Sherina Christi Utami, yang meraih perak dengan waktu 1.36,755 menit, serta atlet DKI Jakarta Keysha Nadira Azizah (1.36,889 menit).

Disna Ayu yang ditemui usai upacara pengalungan medali, mengaku bersyukur dan bangga bisa meraih emas di nomor Sprint 1.000 Meter Putri. Dia pun tak menyangka bisa berada di podium tertinggi, mengingat persaingannya yang cukup ketat.

BACA JUGA: Angin Besar Kembali Datang, Cabor Terjun Payung Tunda Pertandingan

”Pastinya bangga sekali, bersyukur dan tidak menyangka. Kemarin saya mainnya jelek, tapi Alhamdulillah diberi kemudahan Allah, bisa mendapatkan medali emas. Bangga banget, dan pasti senang sekali, karena persaingan tadi sangat ketat,” kata Disna.

Sementara itu, Pelatih Sepatu Roda Jateng, Erlangga Ardianza Wibowo menyatakan, perolehan emas ini menjadi yang ketiga, atau melebihi dari target KONI Jateng. ”Tiga emas raihan Jateng ini melebihi dari target KONI, yang hanya dua emas,” ungkap dia.

Hasil ini membuat perolehan emas bagi kontingen Jateng dari cabor Sepatu Roda menjadi tiga dan satu perunggu. Tiga emas dari sepatu roda itu, menjadikan cabor ini terbanyak sementara yang menyumbangkan medali.

BACA JUGA: Magister Hukum USM Gelar Rakor Kurikulum OBE

Dua emas sebelumnya dicatatkan Viero Abimanyu Saputro dari Nomor DTT 200 Meter, dengan waktu 18,223 detik, dan Individual Time Trial 200 Meter Putra, dengan catatan waktu 15,507 detik.

Cabor Sepatu Roda masih berpeluang meraih medali, dari nomor Team Sprint 500 Meter dan Beregu Relay 3.000 Meter Putra dan Putri, yang akan dilaksanakan Jumat (13/9/2024) besok.

Riyan