Tim Bulu Tangkis Beregu Putra Jateng. Foto: dok/konijateng

MEDAN (SUARABARU.ID)- Tim Bulu Tangkis Jawa Tengah sukses menduetkan medali emas cabang olahraga ini di Nomor Beregu Putra-Putri ajang PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara.

Usai tim putri merebut emas, kini giliran pebulutangkis putra Jateng yang tampil di laga final melawan DKI Jakarta. Pada pertandingan yang digelar di GOR PBSI Dispora Sumut, Kamis (12/9/2024), Jateng menang 3-1.

Tunggal pertama Jateng, Moh Zaki Ubaidillah yang turun di partai pembuka, berhasil mengalahkan Dewangga Surya dengan skor 21-14, 21-16 dalam durasi 48 menit. Di partai kedua Jateng menurunkan ganda Michael Owen/Yuke Gamareza Radjasa. Sayang mereka kalah dari Ali Faathir Rayhan/Wahyu Agung Prasetyo dengan skor 13-21, 16-21.

BACA JUGA: Cabor Sepatu Roda Terbanyak Koleksi Emas

Partai ketiga, Tunggal Jateng Richie Duta Richardo, menang atas Rizki Dwi Cahyo 21-18, 21-13. Skor 2-1 untuk keunggulan Jateng ini, makin meningkatkan semangat bertanding ganda Emanuel Joseph Surya Hartono/M Voyage Afrisal Mahendra. Pasangan ini menang atas Calvin Valentino Sifen Tan/M Hafidz Deedat Baryadi, dengan skor 21-18, 25-27, 21-19.

Pelatih Jateng, Dionysius Hayom Rumbaka mengaku bersyukur, kerena timnya bisa meraih emas Beregu Putra, menyusul kesuksesan Tim Beregu Putri. Dia menyebut, sejak awal pihaknya optimistis, tim beregu akan bisa meraih emas yang memang merupakan target mereka di PON kali ini.

”Kunci kemenangan ada di nomor tunggal. Kalau tunggal menang, kami yakin bisa mengambil poin di sektor ganda. Jadi penentunya ada di nomor tunggal pertama dan kedua,” kata dia usai pertandingan.

Setelah nomor beregu selesai, cabor bulu tangkis akan menggelar nomor perorangan, yang akan dimulai Sabtu (14/9/2024), di tempat yang sama.

Riyan/Sigit Pr