Negeri 1 Welahan. Foto: Kholifah

JEPARA (SUARABARU.ID) – Peringatan hari ulang tahun SMP Negeri 1 Welahan yang ke-43 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Serangkaian acara besar disusun untuk memeriahkan. Puncaknya dilaksanakan bersamaan dengan acara peringatan Haornas ke-41 dan dirangkum dalam Event Pentas Seni HUT ke-43 SMP Negeri 1 Welahan yang mengusung tema semangat merdeka berkreasi tanpa batas.

Kepala Sekolah SMPN 1 Welahan dalam sambutannya menyampaikan peringatan Hari Olahraga Nasional bukan hanya sekadar acara seremonial, tetapi merupakan bagian yang sangat penting untuk menyadarkan masayarakat tentang hidup sehat, mengembangkan prestasi di bidang olahraga dalam sekala Regional, Nasional maupun Internasional.

“SMP Negeri 1 Welahan sebagai sekolah yang ditunjuk sebagai pelaksana sekolah semikat sepak takraw sehingga moment peringatan Haornas menjadi suntikan semangat untuk terus berprestasi.

Pelepasan peserta jalan sehat dalam rangka Haornas ke-41 dan Puncak Peringatan HUT ke-43 SMP N 1 Welahan oleh Rofi’i, S.Pd., M.Pd.

Kegiatan diawali dengan pelepasan peserta jalan sehat, oleh kepala sekolah Rofi’i, S.Pd. M.Pd., diikuti oleh seluruh peserta didik, guru dan karyawan SMP Negeri 1 Welahan. Letak sekolah berada di pinggir jalan utama, menuntut panitia mengambil rute jalan sehat yang aman dengan alternatif desa Kalipucang Wetan, Teluk Wetan dan Kalipucang Kulon menjadi lintasan rute yang tidak mengganggu lalu lintas terutama penyebab kemacetan.

Setelah tiba dari jalan sehat peserta didik berkumpul di area yang disediakan, panggung yang sudah tertata rapih dengan dekorasi panggung menggabungkan tema olahraga dan seni memperlihatkan kesemarakan pentas seni yang akan digelar. Acara ini ditunggu oleh seluruh warga sekolah, karena bukan sekadar ajang pentas, tetapi juga ajang unjuk kreatifitas masing-masing kelas dalam berkarya menjadi hiburan tersendiri.

Kompetisi peserta didik setiap kelas paralel berbeda, kelas tujuh mengusung tema kreasi tari, menampilkan gerak tari hasil kreasi mereka, tentu saja dengan segala pernak pernik sesuai aspek penilaian. Tema kelas delapan musik tradisional, peserta didik diminta memainkan alat musik tradisional secara berkelompok untuk mengiringi lagu nasional atau daerah yang mereka pilih, kekompakan, keharmonisan, penguasaan alat yang digunakan, kostum menjadi kriteria penilaian yang harus mereka penuhi. Kelas sembilan menampilkan drama musikal, dengan kriteria kesesuaian isi, penguasaan karakter, penguasaan panggung, vocal, property dan kostum.

Pembagian tema yang berbeda, dengan jadwal dibuat menggunakan undian untuk menghindari kejenuhan peserta didik selama menyaksikan pentas seni berlangsung.

Pentas seni yang merupakan puncak acara HUT ke-43 SMP Negeri 1 Welahan ini didukung oleh beberapa sponsor juga melibatkan alumni, berlangsung sangat meriah, diselingi dengan pembagian doorprice, tampilan panggung para alumni yang memukau membuat warga sekolah larut dalam kegembiraan, akhir acara yang ditunggu-tunggu adalah pembagian hadiah bagi para pemenang lomba, beberapa event lomba yang diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-43 SMP Negeri 1 Welahan.

Ada harapan besar dan sebuah refleksi, kegiatan ini sebagai salah satu amunisi untuk terus meningkatkan kualitas SMP Negeri 1 Welahan, kegiatan yang dilakukan bukan sebagai acara hura-hura, tetapi aksi nyata bagaimana sekolah menggali kreatifitas dan inovasi anak-anak dalam belajar. Sarana pembelajaran yang menyenangkan sehingga menjadi agenda tahunan yang memberi manfaat untuk peserta didik, sekolah, masyarakat dan dunia pendidikan secara luas.

Hadepe- Kholipah, S. Pd