Seorang mahasiswa melakukan konsultasi dengan salah satu perusahaan yang mengikuti USM Career and Alumni Center di Kampus USM. Foto: dok/usm

SEMARANG (SUARABARU.ID)– USM Career and Alumni Center Universitas Semarang (UCAC USM), menyelenggarakan USM Job Fair 2024, yang diikuti 36 perusahaan, dan berlangsung di Auditorium Ir Widjatmoko USM, Rabu-Kamis (4-5/9/2024).

Ketua Panitia, Guruh Mulia Widayat mengatakan, berdasarkan dari data link pendaftaran USM Job Fair 2024, yang terhitung sampai Selasa (3/9/2024) pukul 14.00 WIB, terdapat 796 peserta yang telah mendaftar.

”Kemungkinan angka itu bisa bertambah lagi. Hampir 50 persen peserta adalah alumni USM. Dalam kepengurusan UCAC, banyak bapak ibu dosen yang kebetulan mengabdi di fakultas atau universitas lain, dan kami manfaatkan jejaring itu untuk bisa join di kegiatan ini,” kata dia.

BACA JUGA: KPU Kota Tegal Harap Media Massa Ikut Gaungkan Pilkada Nyenengna Gawe Bungah

Pihaknya juga melakukan sosialisasi dan pengumuman di beberapa media sosial. Panitia juga membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin bergabung, dan tidak dipungut biaya apapun.

Lebih lanjut, Guruh juga membagikan tips dan trik untuk melamar dalam kegiatan job fair ini. Di antaranya, mengenali diri sendiri, misalnya dengan mengenal melalui prodi dan keahlian yang dimiliki.

Selain itu, pelamar harus memilih dan memilah perusahaan sesuai dengan passion yang dimiliki. ”Saya berpesan, apabila sudah bekerja hendaklah berkreasi. Tentu saja berkreasi dengan kinerja yang baik, untuk menunjang karier teman-temannya,” lanjutnya.

BACA JUGA: Yang Kehilangan Mobil, Silahkan Mengecek ke Polres Wonogiri

Dia berharap, ke depan USM Job Fair dapat diselenggarakan setahun sekali, dan lebih banyak perusahaan yang dapat ikut tergabung.

”Kami berharap, peserta mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Bukan hanya soal IPK, tapi juga networking, speaking, serta sikap dan attitude. Sebagai pencari kerja, kita siapkan sematang mungkin, karena dunia industri dan dunia usaha, hanya mau akan memakai personel yang siap pakai,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua UCAC, Dr Dedy Suwandi SH MH menambahkan, bersamaan dengan USM Job Fair, pihaknya juga mengadakan company gathering, dengan beberapa perusahaan.

BACA JUGA: 3.500 Mustahik Produktif Dapat Bantuan Modal Usaha dari Baznas Jateng

”Untuk tanggal 5 September 2024, kami mengadakan company gathering dengan beberapa perusahaan. Pada kesempatan itu, kami akan melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama,” tambahnya.

Dedy ingin, melalui kegiatan ini para alumni dapat terserap dalam dunia kerja. Selain itu, mereka dapat membuka lapangan pekerjaan baru.

”Di tahun ini, wisuda diadakan sebanyak empat kali, dan sampai saat ini sudah tiga kali diselenggarakan. Kami tim UCAC mengadakan job fair, supaya para alumni bisa langsung mendapatkan pekerjaaan, sesuai dengan apa yang menjadi tujuan USM, menjadi jembatan masa depan Anda,” tutur Dedy.

BACA JUGA: Tari Saman Massal, Diiringi Lagu Apuse Kokon Dao

Sedangkan Wakil Rektor III USM, Dr Muhammad Junaidi SHI MH menyebut, para alumni USM untuk tidak terus-terusan menjadi job seeker, namun juga menjadi job creator.

”Semoga ke depan akan terus berlanjut. Dan jangan lupa, setelah mencari pekerjaan jangan terus-terusan menjadi job seeker, tapi jadilah job creator. Itu adalah prinsip yang ada di UCAC,” tegas Junaidi.

Riyan