Kontingen Wonosobo usai mengikuti Jambore Daerah XVI Pramuka Jawa Tengah di Bumi Perkemahan Karanggeneng Gunungpati Semarang. Foto : SB/dok Prokompim

WONOSOBO(SUARABARU.ID)-Bupati Afif Nurhidayat bersama Ketua Kwarcab Wonosobo M Albar menyambut kontingen Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Wonosobo yang telah mengikuti Jambore Daerah XVI Kwarda Jateng tahun 2024 di Pendopo Bupati setempat.

Kontingen Kwarcab Wonosobo mengikutsertakan peserta kegiatan dari perwakilan seluruh Kwarran se-Kwarcab Wonosobo sejumlah 32 anggota pramuka penggalang. Terdiri 2 regu putra dan 2 regu putri, setiap regu 8 orang pramuka penggalang.

Pimpinan Kontingen Kwarcab Wonosobo, Andhin Suryandono, menjelaskan bahwa selain 32 peserta Jamda, Kwarcab Wonosobo juga menyertakan 2 orang pendukung dari unsur Dewan Kesenian Cabang (DKC) Wonosobo sebagai Duta Humas.

Kegiatan Jambore Daerah XVI Kwarda Jawa Tengah tahun 2024 telah dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kwarda, Karanggeneng, Gunungpati, Semarang, Jumat, 30 Agustus-Rabu, 4 September 2024 kemarin.

Andhin juga menyampaikan bahwa selama 2 bulan, 32 anggota pramuka penggalang itu telah dilatih berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada Jamda XVI Pramuka Jawa Tengah.

Seperti giat umum, giat khusus, giat zona smart dan care, giat zona adventure, giat zona life skills dan culture, giat zona festival kepramukaan dan seni.

“Kontingen Kwarcab Wonosobo selama 2 bulan mempersiapkan diri, untuk mengikuti Jamda XVI Pramuka Jateng tersebut,” tandas Andhin.

Generasi Kreatif

Ketua Mabincab Kwarcab Pramuka Wonosobo, Afif Nurhidayat. Foto : SB/dok Prokompim

Afif Nurhidayat yang juga Ketua Mabicab Pramuka Wonosobo, menyampaikan selamat atas terpilihnya duta-duta pramuka yang akan mengikuti Jambore Daerah XVI Kwarda Jawa Tengah tahun 2024.

” Ini tentu merupakan sebuah kehormatan dan kebanggaan atas kesempatan bagi peserta yang terpilih untuk mengikuti Jambore Daerah XVI Kwarda Jawa Tengah tahun 2024,” katanya.

“Adik-adik harus bersyukur karena diberi kesempatan untuk mengikuti Jamda XVI yang akan dilaksanakan di Semarang,” tambah Bupati Wonosobo itu.

Pihaknya berpesan kepada duta-duta terpilih yang akan mewakili Wonosobo untuk dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik mungkin. Hal ini tentu menjadi suatu kesempatan emas bagi pramuka penggalang untuk dapat berlomba-lomba mengikuti kegiatan tersebut.

“Dengan begitu bibit-bibit Pramuka yang ada dapat menjadi manusia-manusia yang kreatif, edukatif dan produktif sehingga mampu menghadapi berbagai permasalahan yang ada,” kata dia.

Disebutkan Bupati Wonosobo, Pramuka hadir untuk memperkuat integritas generasi bangsa yang kokoh dan kuat sebagai generasi masa depan yang siap mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Berikan yang terbaik untuk almamater dengan prestasi, harumkan dan jaga nama baik almamater. Baik itu almamater diri pribadi, keluarga, sekolah maupun nama baik daerah Wonosobo,” pungkas Bupati.

Muharno Zarka